Kejadian 35:9-15
Firman Allah kepadanya: “Namamu Yakub; dari sekarang namamu bukan lagi Yakub, melainkan Israel, itulah yang akan menjadi namamu….(ay.10)
Dalam perjalanan hidup kita, tanpa disadari ada moment-moment khusus, di mana kita mengalami kehadiran Allah yang ajaib untuk menolong, memberkati dan menyertai hidup kita. Momen-momen khusus tersebut bukan saja saat kita berhasil, dan terus maju dalam langkah dan jalan hidup. Tetapi juga saat kita jatuh, gagal atau harus berbalik arah dalam jalan hidup kita. Terkadang kita lalai untuk melihat dengan mata iman sehingga membiarkan momen-momen khusus itu lewat begitu saja tanpa makna. Padahal bisa saja pada moment tersebut, Tuhan ingin merubah dan membaharui kita atau mengulang janji berkat-Nya untuk kita dan anak cucu kita.
Dalam bacaan malam ini, kita membaca versi lain dari kisah Yakub kembali dari Padan Aran menuju Kanan, khusus tentang tempat dan perubahan nama. Di versi lalu, Yakub diberi nama Israel oleh malaikat Tuhan yang bergumul dengannya di sungai Yabok: Di versi bacaan ini, Allah sendiri memberi nama Israel kepada Yakub ketika Yakub kembali ke Betel dari Padan-Aram atas perintah Allah (ay 1, 9-10). Allah juga mengulang janji berkat-Nya kepada Yakub untuk beranak cucu, menghasilkan bangsa dan suku-suku bangsa, raja-raja serta menduduki tanah Kanaan. Terhadap penampakkan Allah dan berkat yang diterimanya, Yakub membangun tugu peringatan serta meneguhkan kembali nama tempat itu Betel. Ia mempersembahkan korban curahan dan menuangkan minyak tanda pengurapan tugu batu tersebut sebagai Bait Allah; tempat Allah menyatakan kehadiran-Nya.
Marilah mempersembahkan korban syukur kepada Tuhan atas kehadiran-Nya yang ajaib untuk menolong dan memberkati hidup kita sepanjang hari ini. Apakah kita berhasil dan terus berjalan maju meraih masa depan; ataukah kita jatuh, gagal dan berbalik arah dalam hidup. Yakinlah, Tuhan mau merubah dan membaharui kita melalui setiap peristiwa yang kita alami.
KJ.18:3,4
Doa : (Tuhan, bentuk dan ubahlah kami sesuai rencana-Mu)