Renungan Malam
KJ.3 : 1,2 – Berdoa
2 Korintus 8: 20 – 24
… itu adalah utusan jemaat-jemaat dan suatu kemuliaan bagi Kristus (ay.23b)
Memang, mengelola keuangan jemaat itu tidak mudah. ‘Risikonya besar sekali. Banyak orang berjabatan tinggi direndahkan karena tersandung persoalan yang terkait dengan pengelolaan uang. Banyak orang pintar mendadak dibodoh-bodohi karena tergelincir korupsi. Banyak orang ganteng/cantik dijelek-jelekkan karena terbukti menggelapkan uang. Sungguh, uang itu seperti sebuah koin dengan dua sisi, yang satu mendatangkan kemakmuran, yang lain mendatangkan kesulitan.
Paulus memahami persoalan ini sejak ia terlibat dalam pelayanan kasih yang terkait dengan persembahan jemaat. Oleh karena itu, ia tidak mau main-main dalam pengelolaannya. Dalam ayat 22 dikemukakan bahwa seorang saudara yang dipercayakan untuk pelayanan kasih (tidak disebutkan namanya) telah beberapa kali diuji. Jadi, memang memberi diri untuk mengelola keuangan jemaat itu harus tahan uji dan jangan mudah ngambek. Ini penting karena sekarang ini, pindah gereja sudah hampir mirip dengan orang ganti baju. Mudah sekali dilakukan tanpa merenung lebih dalam, apakah betul ini sesuai dengan kehendak Tuhan dalam hidup saya. Kembali ke topik awal pembicaraan, sekalipun tidak mudah tapi mengelola keuangan adalah sebuah tugas mulia. Bahkan Paulus menegaskan, mengelola dengan hikmat adalah sesuatu yang memuliakan Tuhan. Peganglah Tuhan sekuat-kuatnya karena sebagai manusia biasa, tentu kita memiliki kelemahan. Tetaplah rendah hati karena itulah yang akan membuat Tuhan meninggikan kita sebagai pelayan-Nya yang sejati. Sebagai warga jemaat, tetaplah kita menjadi berkat. Jika ada masalah keuangan, jangan asal tuduh atau emosional, ingatlah bahwa dalam kasih tentu hal yang baik dapat dicapai. Tidak perlu mata kita tertuju pada warta keuangan sepanjang ibadah yang berlangsung, tetaplah doakan para pengelola keuangan dan sampaikanlah teguran dengan kasih jika ada kekeliruan. Jangan sampai penyusunan program dan anggaran setiap tahun selalu berakhir dengan konflik hanya karena
masalah keuangan. Kiranya Tuhan memberkati setiap program kerja dan anggaran yang kita miliki sehingga dapat berjalan dengan baik dan menjadi berkat bagi banyak orang!
KJ. 3 :3, 4
Doa : (Ya Tuhan, pakailah hidup kami agar senantiasa memuliakan nama-Mu)