Renungan Malam
KJ.353 : 1,2 – Berdoa
1 Samuel 12: 20 – 25
“Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.” (ay.24)
Pada setiap hari minggu, banyak orang Kristen ke gereja; tetapi sesungguhnya sedikit yang bergereja. Loh, apa bedanya? Ya, banyak yang ke gereja dan yang ke gereja banyak yang datang dengan berbagai kepentingannya, kesibukannya, urusannya, sehingga akhirnya yang dilakukan hanya memindahkan tubuhnya dari rumahnya ke gedung gereja. Ibadah yang diikuti dan dilakukan hanya sebatas rutin saja; dengan kata lain, banyak orang Kristen yang beribadah tidak dengan segenap hati. Berbeda dengan orang Kristen yang bergereja, ia tidak hanya datang di gereja, tetapi juga ia sudah menyiapkan diri, menyediakan waktu untuk betul-betul beribadah dan dijumpai oleh TUHAN melalui ibadah yang dilakukan. Orang yang bergereja, adalah orang yang kalau waktu khotbah tidak mengantuk dan ketiduran, yang beribadah membawa dan menyiapkan semua, mulai dari pakaiannya, Alkitab, uang persembahan dan yang lain-lainnya. Bagaimana hal itu bisa terjadi‘? Bisa, karena orang seperti ini sadar benar akan berharganya beribadah kepada TUHAN, betapa berharganya dijumpai oleh TUHAN dan mendengar akan firman-Nya. Karena hanya dengan firman-Nya, maka hidup yang dijalani dapat dijalani dengan baik dan berkenan kepada Allah.
Beribadah kepada TUHAN semestinya dilakukan dengan segenap hati karena dengan kegenapan hati, maka kita akan membuka hati untuk menyambut kehadiran-Nya, untuk menerima firman-Nya dan melakukan segala kehendak-Nya. Beribadahlah kepada TUHAN dengan segenap hati.
KJ.353 : 3,4
Doa: (Ya TUHAN, terima kasih untuk anugerah dijumpai oleh Engkau melalui ibadah yang kami lakukan)