Renungan Malam

KJ.446 : 1 – Berdoa

Filipi 2:12-18
“…tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar…” (ay.12)
Sudahkah saudara mengerjakan tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan kepada saudara di hari ini (hari Minggu)? Masing-masing kita dipercayakan tugas dan tanggungjawab dalam kehidupan ini. Ada yang dipercayakan dalam tugas tanggungjawab pelayanan gereja, baik sebagai Presbiter maupun pengurus dan pelayan PELKAT, sebagai anggota komisi, panitia, pegawai di kantor majelis jemaat, koster, satpam, sopir, ataupun di tengah kehidupan keuarga sebagai ayah, ibu, orang tua, anak-anak, dan ditengah masyarakat sebagai pekerja. Masing-masing kita diberi tugas dan tanggung-jawab untuk kita kerjakan.
Bacaan firman TUHAN saat ini mengemukakan ajakan dan nasihat Rasul Paulus kepada jemaat di Filipi tentang tugas dan tanggungjawab sebagai orang yang telah menerima Keselamatan: “Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetapfah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar (ay 12). Nasihat Rasul Paulus ini sekaligus hendak mengajarkan bahwa keselamatan yang telah dianugerahkan oleh TUHAN kepada manusia melalui karya pengorbanan Putra-Nya, Tuhan Yesus Kristus, merupakan sebuah jaminan masa depan, keselamatan kekal yang harus dikerjakan atau dipertahankan dalam kehidupan jemaat di Filipi dan setiap orang percaya.
Mengerjakan keselamatan adalah sebuah pernyataan iman percaya melaiui tindakan nyata (perbuatan baik) dalam kehidupan sehari-hari yang mendatangkan kebaikan. Keselamatan yang diberikan TUHAN kepada semua manusia, dan berlaku nyata bagi setiap orang percaya, wajib direspon secara aktif, sebagaimana keselamatan itu sendiri tidak bersifat pasif. Merespon secara aktif mengerjakan keselamatan itu dengan cara selalu berbuat baik, menyatakan kasih TUHAN kepada semua manusia, mengambil bagian dalam pelayanan gereja serta bersedia memberi diri menjadi
harkat bagi sesama untuk kemuliaan nama TUHAN.
KJ.446 : 3
Doa : (Bapa, ajar kami untuk setia mengerjakan keselamatan melalui perbuatan-perbuatan baik bagi sesama dan alam ciptaan-Mu)