Renungan Malam
GB.226 – Berdoa
Yohanes 5:24-26
Aku berkata kepadamu, sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal (ay.24a)
Hidup selamanya dengan Allah, belum menjadi keinginan utama manusia. Di mana salahnya? Salahnya terdapat dalam tidak dipahaminya arti hubungan manusia dengan Tuhan Yesus Kristus.
Hanya apabila kita memahami Tuhan Yesus sebagai Mesias atau Pembebas kita, saat itulah suatu hidup yang baru dimulai. “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru; yang lama sudah berlalu. sesungguhnya yang baru sudah datang”. (2 Korintus 5:17).
Memang masih akan ada kematian fisik, tetapi tatkala Kristus datang kembali, tubuh kita akan hidup lagi karena dibangkitkan oleh-Nya, agar hidup kekal dengan Allah. Siapakah yang dimaksudkan oleh Tuhan Yesus sebagai orang mati yang mendengarkan suara Anak Allah dan oleh karenanya akan hidup? Mereka adalah orang-orang yang mendengarkan suara-Nya, mengertiNya, dan yang menerima-Nya. Orang-orang yang menerima Firman Tuhan akan hidup kekal. Mereka yang mendengar dan percaya Tuhan Yesus tidak akan binasa. Kita pun harus terus menerus mendengar Firman Tuhan dan percaya akan Firman itu. Kalau kita mendengarnya, kita akan hidiup.
Apakah kita paham akan hal itu? Apabila tidak mendengar dan tidak parcaya akan Firman maka kita akan mati. Suatu kematian rohani. Tak akan ada hidup dan sukses dalam hidup kita bila kita tak percaya kepada-Nya. Mengapa? Oleh Karena Tuhan adalah Sumber dan Pencipta dari segenap hidup. Dengan demikian setelah hidup ini tak akan ada hidup yang mungkin di luar Tuhan. Hidup kita adalah karunia Tuhan. (Ulangan 30:20, Mazmur 36:10). Karena Tuhan Yesus berada secara kekal dengan Allah, Sang Pencipta, maka Tuhan Yesusjuga adalah Hidup, (Yohanes 14:6) dengan demikian kita juga beroleh atau mendapat hidup kekal. “Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya. (1 Yohanes 5:11).
GB. 226
Doa : (Janganlah kami mengalami kematian rohani ya Tuhan)