Renungan Malam 20 Mei 2019

KJ.4 : 1,2 – Berdoa

1 Raja-raja 11 : 1 – 8

“… pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada Tuhan, Allahnya, seperti Daud, ayahnya”(ay.4)

Ada ungkapan, “Tua-tua keladi,” semakin tua semakin jadi atau “semakin tua semakin basantan”.

Salomo di masa tuanya sangat tepat dengan ungkapan ini, sebab sekalipun sudah tua, Salomo mempunyai 700 istri dari kaum bangsawan dan 300 gundik, luar biasa ! Rasanya belum pernah ada orang sampai saat ini yang dapat menyamai Salomo, sekalipun Raja Salomo dikenal sebagai raja yang berhikmat dan kaya raya, namun bukan berarti ia luput dari segala kesalahan. Nama besar dan kehormatan yang dimiliki rupanya tidak diikuti dengan sikap hidup yang benar. Ternyata disaat usianya semakin tua justru Salomo menjadi tidak semakin bijak. Mengapa? Karena istri-istrinya yang ratusan itu diambil dari bangsa-bangsa asing yaitu bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Padahal Allah sudah ingatkan bangsa israel agar menjaga pergaulan dengan perempuan-perempuan asing, sebab nanti mereka terpengaruh dengan kepercayaan mereka.

Salomo telah melanggar peringatan Tuhan dengan mengawini perempuan-perempuan asing itu, bahkan bukan itu saja, Salomo juga terpikat dengan kepercayaan mereka. Ia pun turut menyembah dewa-dewa yang disembah oleh istri-istrinya itu. Salomo bukan semakin dekat dengan Tuhan dalam usia yang semakin tua itu, tetapi ia semakin jauh dari Tuhan, dan hal ini yang membuat Tuhan marah, sehingga membuat kerajaannya terpecah dan terbagi-bagi.

Banyak orang terpengaruh dengan keadaan sekitarnya, sehingga mulai lupa untuk hidup dekat dengan Tuhan. Godaan dunia begitu kuat menarik orang untuk dekat kepada-Nya. Iblis berjalan seperti singa yang mengaum-ngaum dan mencari mangsa yang dapat ditelannya (1Ptr.5:8). Orang yang terpikat dengan berhala-berhala modern dewasa ini akan semakin jauh dari Tuhan, bahkan meninggalkan Tuhan. Karena itu orang percaya perlu semakin bertekun dalam iman serta hidup senantiasa dalam persekutuan dengan Tuhan; semakin mengenal Tuhan. Karena hubungan yang dekat dan melekat dengan Tuhan, tidak akan mudah dihancurkan oleh godaan atau cobaan dunia ini, karena Allah akan menolong serta memberi kekuatan kepada umat-Nya yang hidup mengasihi Dia.

KJ.4 : 6

Doa : (Tuhan, berikanlah kekuatan kepada kami untuk sapat melawan setiap godaan dan cobaan dalam hidup yang kami jalani)