Ketua Umum Majelis Sinode GPIB Drs Pdt Paulus K. Rumambi M.Si didampingi Ketua Panitia PST 2020 Pdt Sonya Medyarto – Sitaniapessy dan Ketua V Majelis Sinode, Pnt Mangara Pangaribuan saat wawancara usai ibadah Perkenalan Panitia di GPIB Gideon Depok.

Ketua Umum Majelis Sinode GPIB Drs Pdt Paulus K. Rumambi M.Si mengharapkan agar setiap orang yang dipercayakan memegang satu kekuasaan tidak semena-mena menggunakan kekuasaan itu.

“Yesus menerima mandat dari Allah menggunakan sebaik mungkin, bukan untuk menekan orang-orang dibawahnya, bukan untuk gagah-gagahan, tapi untuk pelayanan,” kata Pdt Rumambi dalam khotbahnya di GPIB Gideon, Depok pada acara perkenalan Panitia PST 2020, Minggu 7/7/2019.

Sebagaimana diketahui Jabar 2 mendapatkan mandat untuk melaksanakan perhelatan akbar Persidangan Sinode Tahunan (PST) 2020 di wilayah Jawa Barat 2.

Menurut Pdt Rumambi, kalau seseorang menyalahgunakan wewenangnya maka akan timbul kekisruhan dalam suatu kelompok atau komunitas. Hal itu dialami para murid Yesus yang sering mengandalkan diri.

“Murid-murid Yesus menggunakan kedudukan untuk menekan, akhirnya bertengkar. Ini paradoks pada acara perjamuan terakhir Yesus dengan para muridNya,” tuturnya.

Ketua V Majelis Sinode, Pnt Mangara Pangaribuan mengatakan, Mupel Jabar 2 dalam PST di Bali ditetapkan sebagai tuan dan nyonya rumah untuk melaksanakan PST 2020. Ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam organisasi GPIB.

Di PST ini dilakukan evaluasi progran kerja dan anggaran tahun 2019-2020 dan ini merupakan PST terakhir periode 2015-2020. Ini adalah sesuatu yang istimewa di Jabar 2.

“Kita berharap kuasa penuh yang diberikan kepada Mupel Jabar 2 ini bisa melaksanakannnya dengan baik hanya untuk kemuliaan nama Tuhan,” tandas Pnt Mangara Pangaribuan.

Panitia PST 2020 Jabar 2 ini diketuai oleh Pdt Sonya Medyarto – Sitaniapessy. Dari struktur kepanitiaan yang telah dibentuk Panitia kali ini cukup ramping dengan melibatkan 90 orang. Sementara PST sebelumnya di Bali melibatkan sekitar 300 orang penitia.

“Kalau di Bali cukup banyak anggota panitia karena Mupel Bali-NTB selain melaksanakan PST juga melaksanakan Konven Pendeta,” imbuh Rumambi.

 

Sumber: https://gpib.or.id/majelis-sinode-perkenalkan-panitia-pst-2020-di-gpib-gideon-depok/