Renungan Malam 27 September 2019

KJ.417 : 1,2 – Berdoa

Daniel 9 : 25 – 27
Maka ketahuilah dan pahamilah; … yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, … (ay.25)

Realisasi dari setiap rencana membutuhkan proses dan waktu. Ada saja kendala yang dihadapi dalam merealisasikan rencana tersebut walaupun semua kemungkinan hambatan yang akan terjadi sudah diperhitungkan dengan baik. Mengapa hal itu dapat terjadi? Kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi dari setiap proses dan waktu yang dilalui dalam merealisasikan suatu rencana. Ada hal yang terjadi diluar kemampuan diri kita, seperti bencana alam atau peristiwa dukacita. Oleh karena itu diperlukan “cadangan” waktu dalam merealisasikan rencana tersebut.
Sebagaimana harapan Daniel atas pengampunan umat dan bangsa di Yerusalem, ternyata semuanya sudah dalam rencana Tuhan. Tuhan telah menetapkan masa “penghukuman” dan pemulihan bagi umat dan bangsa-Nya tersebut. Dengan jelas dikatakan bahwa “Maka ketahuilah dan pahamilah; dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, …” (ay.25). Firman ini menyatakan bahwa ada masa bagi pemulihan Yerusalem. Pemulihan yang akan alami dan diraskan umat. Pemulihan dengan setiap proses yang terjadi sepanjang masa-masa menuju dan selama pemulihan (lih.ayat 26-27). Sesungguhnya ini merupakan penggenapan akan firman melalui kehadiran Sang Raja yang kudus dalam mengampuni kesalahan umat-Nya. Rencana dan karya keselamatan Allah yang tidak “melesat” dari yang telah dinyatakan.
Malam ini, marilah kita mengevaluasi apa yang terjadi hari ini. Apakah ada yang tidak sesuai dengan rencana atau ada hal yang di luar dugaan dapat diselesaikan dengan baik? Apapaun hasil yang kita peroleh, tidak lepas dari kehendak Tuhan. Yang harus diyakini adalah jika kita sudah menyerahkan segala rencana dalam kehendak Tuhan dan melakukannya dengan baik, pasti Tuhan akan merealisasikannya seturut dengan waktu Tuhan. Tuhan mengetahui waktu yang tepat dan terbaik atas setiap rencana kita tersebut. Bersyukurlah untuk setiap hasil yang sudah kita capai sebesar apapun itu.

KJ.417 : 6,7

Doa : (Kristus, kami percaya setiap harapan pasti Kau nyatakan yang baik bagi kami)