Renungan Pagi 03 Oktober 2019

GB. 84 : 1 – Berdoa

Amsal 13 : 22 – 25
“Orang benar makan sekenyang-kenyangnya, tetapi orang fasik menderita kekurangan.” (ay.25)

Bisakah kita mengambil berkat milik orang lain? Sekarang coba bayangkan, jika ada seseorang yang seharusnya mendapatkan uang, tetapi uang tersebut kita ambil tanpa sepengatahuan siapapun. Hal itu disebut dengan korupsi, mengambil uang yang bukan miliknya. Ketidak adilan tersubut dapat mengakibatkan orang lain menjadi sangat menderita. Oleh sebab itu, korupsi di berbagai negara di dunia ini sangat dilarang dan jika ketahuan akan diberi sangsi hukum yang berat meskipun masih saja banyak orang yang melakukannya. Mengapa?

Salomo yang penuh dengan hikmat Allah ini menuliskan dengan tegas tentang apa yang akan terjadi dengan orang fasik, yang melakukan ketidakadilan di hadapan Allah. Mereka yang terlihat kaya dan memiliki segala sesuatu, sebenarnya sedang dan akan menderita kekurangan. Sebaliknya, orang miskin yang padangnya tak menghasilkan banyak padi, mereka memiliki banyak sekali makanan. Pada akhirnya pun, kekayaan yang berdosa akan menjadi harta bagi orang benar (ay.22). ini merupakan pengajaran hikmat Salomo. Pengajaran ini harus terus disampaikan orangtua kepada anak dengan penuh tekun. Istilah tongkat mengisyaratkan ketegasan, bukan kekerasan, sehingga anak dengan patuh mendengar dan melaksanakan.

Saya bukanlah koruptor, dan saya tidak mengabil harta milik orang lain. Apa gunanya Firman Tuhan melalui Salomo ini? Ingatlah bahwa semua yang ada pada kita bukanlah milik kita, tetapi milik Allah. Jika kita penuh dengan kecukupan bahkan berlebihan, sedangkan ada sesama kita kelaparan dan membutuhkan pertolongan tetap kita diam saja, apakah kita sudah bersikap adil? Tidakkah kita menjadi orang fasik ketika kita menyimpan harta untuk diri kita sendiri? Orang benar akan makan sekenyang-kenyangnya, tetapi perut orang fasik menderita kekurangan.;

GB. 84 : 2
Doa : (Ajarlah kami ya Tuhan untuk mensyukuri rejeki kami dengan cara meneruskan kepada orang-orang yang membutuhkannya)