Renungan Malam 15 November 2019

KJ.309 : 1,2 – Berdoa

Lukas 2 : 41 – 52
“Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia” (ay.52)

Kita bisa membayangkan betapa paniknya Yusuf dan Maria ketika mereka menyadari bahwa Yesus tidak ada di antara rombongan umat yang berjalan pulang dari Yerusalem ke Nazareth, usai merayakan ibadah Paskah. Sehingga tiga hari, mereka akhirnya menemukan Yesus di Bait Allah sedang duduk di tengah-tengah alim ulama dan bercakap-cakap dengan mereka. Semua orang sangat heran akan kecerdasan-Nya termasuk orangtua-Nya. Jelas bahwa di usia dua belas tahun, Yesus sudah menjadi pribadi yang luar biasa. Perkembangan tersebut tentu saja tidak bisa dilepaskan dari peran Yusuf dan Maria sebagai orantua.

Yusuf dan Maria melaksanakan dengan baik tugas dan tanggung jawab mereka sebagai orang tua. Selama dua belas tahun, Yesus berada dalam asuhan Yusuf dan Maria (ay.51). Kata ‘asuhan’ (bahasa Yunani : hupotasso) berarti menempatkan diri di bawah, tunduk, patuh. Tentu saja yang dimaksud adalah tunduk dan patuh dalam kerendahan hati pada didikan Yusuf dan Maria. Hasilnya “Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya”. Kata ‘bertambah besar’ (bhs.Yunani : prokoptoo) berarti bertumbuh ke arah yang lebih baik.

Kita prihatin karena saat ini semakin banyak orantua yang sibuk dengan berbagai macam tugas dan pekerjaan di kantor sehingga mengabaikan tugas dan tanggung jawab untuk mengasuh, dan membina anak-anak. Melahan tidak sedikit yang mempercayakan anak-anaknya hidup dalam asuhan orang lain, misalnya : asisten rumah tangga. Anak-anak adalah generasi penerus Gereja dan bangsa. Oleh karena itu, orangtua hendaknya menyadari bahwa Tuhan mempercayakan tugas dan tanggung jawab untuk mengasuh, dan membina anak-anak sehingga mereka bertumbuh ke arah yang lebih baik, dan iman mereka kepada Kristus semakin kokoh sehingga mereka menghasilkan buah di tengah masyarakat.

KJ.309 : 3,4

Doa : (Ya Tuhan, kuatkan dan mampukan kami, untuk menjadi orangtua yang baik, penuh perhatian dan bertanggung jawab membina anak kami sehingga mereka bertumbuh ke arah yang lebih baik)