Renungan Malam 15 Desember 2019

GB.270 : 1,2 – Berdoa

Zefanya 3 : 16 – 20
Sesungguhnya pada waktu itu Aku akan bertindak terhadap segala penindasmu, tetapi Aku akan menyelamatkan yang pincang, mengumpulkan yang terpencar dan akan membuat mereka yang mendapat malu menjadi kepujian dan kenamaan di seluruh bumi. (ay.19)

Ketenaran dan kemasyuran diperoleh Fanny J. Crosby atas karya musik yang dihasilkannya dalam keadaannya yang terbatas secara fisik. Fanny adalah seornag tuna netra sejak bayi. Fanny pernah berkata “yang dimaksud pemeliharaan dan berkat dari Allah adalah saya harus menjadi buta seumur hidup. Saya berterima kasih untuk dispensasinya. Jika saya ditawari bisa melihat besok maka saya tidak akan menerimanya. Saya mungkin tidak menyanyikan lagu pujian bagi Tuhan jika saya terganggu oleh hal-hal indah dan menarik tentang diri saya”. Kalimat ini menunjukkan betapa ia merasa semua karya yang dihasilkannya adalah anugerah Tuhan.

Yehuda dan Israel akan menjadi bangsa yang terkenal dan dipuji oleh bangsa-bangsa lain apabila mereka berbalik dari berkhianat kepada Tuhan menjadi memuji dan menyembah Tuhan Allah mereka, hal ini disampaikan Zefanya. Sikap ini harus mereka tunjukkan sebelum datangnya hari Tuhan. Jika hari Tuhan itu tiba, Ia akan memulihkan mereka yang bertobat dan menghukum mereka yang bebal.

Melalui Zefanya kita disadarkan bahwa keberhasilan dan kesuksesan dapat kita peroleh jika kita setia dan taat pada Tuhan sebaliknya kegagalan dan kehancuran akan kita alami jika kita berkhianat dan mengkir dari Tuhan. Melam ini, kita renungkan kembali berbagai hal yang kita lakukan, katakan dan pikiran sepanjang hari ini, jika isinya hanya pengkhianatan dan pelanggaran maka mintalah ampun dari Tuhan. Mintalah pada Tuhan agar Roh-Nya untuk menuntun hidup kita sehingga kita bertobat. Buatlah komitmen dengan Tuhan agar esok hari ketika kita bangun kita menjadi pribadi yang taat dan setia kepada Tuhan sehingga berkat-Nya mengalir dan menyempurnakan kehidupan kita.

GB.270 : 3

Doa : (Tuhan tolong kami agar mau berubah menjadi setia dan taat hanya pada Tuhan)