Renungan Malam 01 Januari 2020

KJ.406 : 1 – Berdoa

Mazmur 9 : 1 – 11
Orang yang mengenal nama-Mu percaya kepada-Mu, sebab tidak Kau tinggalkan orang yang mencari Engkau, ya TUHAN (ay.11)

Sundhar Singh diusir keluar dari rumah oleh ayahnya yang tidak setuju dengan keputusannya untuk menjadi Kristen. Namun ia tetap pada keputusannya dan bertekad untuk tetap mengikut Kristus dengan segala risikonya. Berbekal Alkitab kecil hadiah dari sahabatnya, Sundhar Singh belajar lebih dalam tentang iman Kristen pada pendeta Robertson. Setelah dinyatakan lulus, ia melakukan perjalanan penginjilan ke Belangore. Ketika ia berhasil membawa seorang India untuk menjadi pengikut Kristus, orang-orang Hindu militan di Belangore mengeroyok dirinya. Mereka berpikir Sundhar Singh pasti mati. Ternyata dugaan mereka keliru. Walau harus mengalami patah kaki dan pendarahan di otaknya, Sundhar Singh meneruskan pekerjaan memberitakan Injil. Semangat pantang menyerah Sundhar Singh membuahkan hasil. Pada tahun 1985, ia mendirikan lembaga Kristen India sebagai wadah bagi 3000 orang Belangore yang telah dibaptis. Kemudian pada tahun 2001 dalam usia 51 tahun, ia wafat dan ditangisi sekitar 14.000 orang Kristen di Belangore. Semasa hidupnya, Sundhar Singh selalu berkata, “Jika kita masih ada, maka semua itu karena pertolongan TUHAN Yesus yang setia.”

Semangat iman Sundhar Singh sejalan dengan iman yang dimiliki Daud. Daud belajar dari pengalaman hidupnya bahwa karya penyertaan TUHAN selalu melingkupinya. Daud percaya bahwa kehidupan orang yang mencari TUHAN, tidak akan pernah ditinggalkan-Nya. Lebih baik berlindung pada kuasa TUHAN karena kekuatan-Nya tidak mungkin ditandingi oleh kuasa apapun di dalam dunia ini. Melalui mazmurnya, Daud menyatakan ungkapan syukurnya dan berniat ingin menceritakan kesaksian tentang perbuatan ajaib yang dilakukan TUHAN.

Mari kita teladani pandangan iman Daud ini. Di tengah kehidupan yang kita jalani, kita senantiasa mencari perlindungan TUHAN dan percaya pada karya penyertaan-Nya.

KJ.406 : 2

Doa : (Ya Tuhan, kuatkan aku untuk terus mencari perlindungan di dalam-Mu senantiasa)