Renungan Pagi 12 Januari 2020

KJ 178 : 1 – Berdoa

Matius 3 : 1 – 15
“Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes memberi diri untuk dibaptis oleh Yohanes” (ay. 13)

Yohanes pembaptis diutus Allah untuk mempersiapkan kedatangan Yesus sebagai Mesias. Ia berkhotbah dengan tegas bahkan keras, agar Israel berbalik dari dosa-dosanya. Dengan khotbahnya ia menantang orang Yahudi untuk bertobat, mempersiapkan diri menyambut Mesias. Banyak orang tertarik mendengar khitbahnya kemudian bertobat dan dibaptis di sungai Yordan. Andreas, saudara Petrus adalah salah seorang yang dibaptis oleh Yohanes.
Bersama orang-orang Yahudi yang akan dibaptis, Yesus pun datang kepada Yohanes memberi diri untuk dibaptis. Baptisan Yohanes adalah baptisan pertobatan. Tidak salakah Yesus datang seperti orang berdosa lainnya memberi diri dibaptis oleh Yohanes? Tidak, Yesus datang ke dalam dunia menjadi sama dengan kita, hanya Dia tida berdosa. Yesus memberi diri dibaptis karena menjadi manusia, untuk menyelamatkan manusia. Sama seperti peristiwa kelahiranNya, Ia tidak perlu lahir, tapi Ia lahir karena manusia. Demikian juga dengan baptisan, Dia tidak perlu dibaptis tapi Dia memberi diri dibaptis karena kita. Yohanes pada awalnya tidak bersedia membaptis Yesus. Menurut Yohanes, Yesuslah yang harusnya membaptis dia. Tapi Yesus mengatakan: “Biarlah hal itu terjadi, untuk menggenapkan seluruh kehendak Allah” (ay. 15)
Dengan memberi diri dibaptis, Yesus menyatakan diriNya sebagai anak Allah yang datang untuk membebaskan manusia dari dosa. Ini menunjukkan ketaatan, kerendahan hati dan pengorbanan Yesus dalam karya penyelamatanNya. Ia rela dibaptis untuk keselamatan dan demi masa depan kita. Melalui peristiwa baptisan, Ia mengajarkan kita supaya kita juga peduli dengan sesama manusia yang berada dalam penderitaan. Ia juga memberi teladan kepada kita supaya kita hidup dalam ketaatan, kerendahan hati dan kerelaan untuk berkorban. Hanya dengan berbuat demikian, kita hidup memuliakan namaNya dan menjadi berkat bagi sesama dimanapun kita berada.

KJ 178 : 2

Doa : Terima kasih Yesus atas karyaMu yang menyelamatkan. Engkau rela dibaptis karena kami.