Renungan Malam 17 Januari 2020

KJ.460 : 1,2 – Berdoa

1 Yohanes 3 : 21 – 24
“dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari pada-Nya, karena kita …. Dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya”(ay.22)

Status sebagai anak-anak Allah membuat kita memiliki keberanian dan percaya untuk mendekati Allah. Dosa menjadi hambatan untuk dapat berkomunikasi dan berjumpa dengan Allah. Tetapi selama kita hidup benar dan berkenan dihadirat-Nya, kita memiliki keberanian untuk berjumpa dengan Allah. Tetapi selama kita hidup benar dan berkenan dihadirat-Nya, kita memiliki keberanian untuk berjumpa dengan Dia. Dalam kehidupan yang akrab dengan Dia, kita dapat memperoleh apa yang kita minta. Dalam hal ini tidak semua kita, menjadikan Allah sebagai “pesuruh” kita. Kita harus memahami bahwa apa yang kita minta sesuai dengan kehendak-Nya.
Kita memperoleh apa yang kita minta kalau kita menuruti segala perintah-Nya dan melakukan apa yang berkenan kepada-Nya.

Perintah-Nya yaitu, supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus Anak-Nya dan supaya kita saling mengasihi sesuai perintah yang telah Ia berikan kepada kita”. Perintah-Nya ini berada dalam dua aspek yaitu: aspek vertikal, mengasihi Yesus Kristus Anak-Nya dan aspek horizonal mengasihi sesama (ay.23). Ketaatan pada firman-Nya merupakan syarat mutlak untuk memperoleh apa yang kita minta. Ketaatan pada firman harus diwujudkan dalam kesediaan untuk membaca, merenungkan dan melaksanakan firman setiap hari.

Ada diantara kita, baru berkomunikasi dengan Tuhan, yaitu membaca firman Tuhan bila berada dalam kesulitan atau sedang memiliki kebutuhan-kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Di saat kita berada dalam keadaan senang, berkecukupan, sukses, kita melupakan Tuhan. Itulah sebabnya kasih kita terhadap Yesus dan terhadap sesama tidak nampak.

Mari menuruti perintah-Nya dan melakukan apa yang berkenan kepada Tuhan, maka kita akan memperoleh berkat dan kasih-Nya.

KJ.460: 3

Doa : (Mampukan kami melaksanakan perintah-Mu dan melakukan apa yang berkenan kepada-Nya)