Renungan pagi, 19 Januari 2020

KJ 316 : 1 – Berdoa

Yesaya 49 : 1 – 7
“Terlalu seidkit bagimu hanya untuk menjadi hambaKu, … Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari padaKu sampai ke ujung bumi.” (ay. 6)

Upaya penyelamatan selalu dilakukan ketika muncul musibah. Tim penyelamat, misalnya segera bekerja mencari dan menemukan korban akibat gempa atau tenggelamnya kapal motor. Saat peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan sejak Februari sampai September 2019, berbagai upaya penyelamatan dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, aparat TNI dan POLRI dan relawan agar warga masyarakat selamat dan dapat beraktifitas kembali dengan normal.
Keselamatan hidup manusia merupakan tujuan kedatangan hamba Tuhan. Keselamatan yang tidak sebatas bangsa Israel, tetapi juga bagi bangsa-bangsa lain. Hamba Tuhan yang lahir dari kandungan perempuan, memiliki tugas menyampaikan kebenaran firman Tuhan bagi banyak orang. Hamba Tuhan bekerja untuk tugas besar yang sudah dirancang bagi masa depan manusia. Dia tidak menggunakan senjata kekerasan, tetapi dengan firman Tuhan sebagai pedang yang tajam (band. Ibrani 4:12). Karya keselamatan Tuhan menjadi terbuka bag bangsa-bansa lain sebab kegagalan bangsa Israel menjadi berkat bagi bangsa lain. Hamba Tuhan diutus menjadi terang bagi semua orang yang tinggal diberbagai tempat, baik di kota-kota besar, pesisir maupun desa-desa terpencil.
Yesus Kristus adalah hamba Tuhan yang dimaksud Yesaya. Tuhan Yesus adalah terang dunia (Yoh. 8 : 12) yang memberikan keselamatan agar manusia keluar dari kegelapan dan hidup dalam terang Tuhan. Pengajaran dan pengoranan Tuhan Yesus merupakan realisasi dari kasih Allah yang mencari dan menyelamatkan manusia berdosa. Kita bersyukur atas karya keselamatan yang sudah Tuhan Yesus berikan. Adalah tugas kita menjadi terang bagi lingkungan sekitar dan dalam persekutuan kita. Terang yang memimpin kita untuk berbuat benar dan jadi berkat bagi banyak orang tanpa terkecuali.

GB 316 : 2

Doa : Jadikanlah kami sebagai terang yang bersinar dalam kegelapan sehingga banyak orang semakin mengerti kasih Tuhan dan mereka mau memberi diri untuk menerima Yesus dalam hidupnya.