Renungan Malam 26 Januari 2020

GB.86 : 1 – Berdoa

Lukas 12 : 11 – 12
Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan (ay.12)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) “kuatir” adalah rasa takut, gelisah, cemas terhadap suatu hal yang belum diketahui dengan pasti. Rasa kuatir yang berlebihan dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang dan menyebabkan kualitas hidup seseorang menurun atau sakit.

Yesus juga memahami apa yang menjadi kekuatiran dari para murid saat mereka harus berhadapan dengan majelis-majelis atau pemerintah dan penguasa berkaitan dengan kehidupan yang benar dalam Yesus. Yesus adalah Tuhan yang punya kuasa luar biasa. Yesus memberi keyakinan pada para murid bahwa Roh Kudus yang akan menuntun mereka untuk menjawab setiap pertanyaan dari majelis atau pemerintah dan penguasa. Kepastian akan kekuatan Roh Kudus yang Yesus janjikan untuk dapat menghalau kekuatiran dan kecemasan para murid, agar mereka tetap menyatakan kehidupan yang taat dan jujur.

Kekuatan Roh Kudus yang memampukan para murid untuk terus melihat hari depan dengan penuh keyakinan tanpa rasa takur dan gentar. Sebagai orang percaya kita juga pernah mengalami rasa kuatir, kuatir akan masa depan kita, pendidikan anak-anak, lingkungan yang bersahabat dan masih banyak lagi masalah yang lain.

Melalui firman Tuhan malam hari ini, kita diajak untuk kembali menyakinkan diri kita akan kekuatan Roh Kudus yang besar, yang dapat mengatasi kekuatiran kita. Saat kuatir datang, kita minta pertolongan-Nya. Jangan mengandalkan kekuatan diri atau kekuatan lain, sebab kekuatan yang kita miliki terbatas, tetapi kekuatan Tuhan tidak berbatas. Tuhan Yesus pasti menolong orang yang berseru pada-Nya dan selalu hidup dalam kebenaran.

GB.86 : 4

Doa : (Tuhan ajar kami untuk mengandalkan kekuatan Roh Kudus dalam hidup ini, sebab kekuatan Roh Kudus lebih besar dari kekuatan kami)