Renungan Malam 28 Januari 2020

GB.17 : 1 – Berdoa

Wahyu 15 : 1 – 4
“Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu…. (ay.3b)

Nyanyian Musa dinyanyikan bangsa Israel, saat mereka keluar dari Mesir dan dari kerajaan Firaun. Nyanyian ini menjelaskan tentang kekuatan Tuhan yang luar biasa ajaib. Tindakan Tuhan yang dahsyat ini menunjukkan saat Tuhan bertindak tidak ada satu orang pun yang dapat menahan-Nya. Perbuatan ajaib Tuhan itu dinyatakan di depan mata bangsa Israel, ketika Firaun bersama tentaranya yang mengejar bangsa Israel terbenam atau mati di laut Teberau (Kel 14:27-28;15:4).

Perbuatan Tuhan yang besar dan ajaib ini juga dinyanyikan umat yang mengalami pembebasan Tuhan, sebagai ungkapan terima kasih dan syukur atas pertolongan-Nya (ay.3). sebagai orang percaya, kita juga sering mengalami karya-karya Tuhan yang luar biasa. Karya Tuhan yang sering terjadi di luar yang kita pikirkan. Itulah bedanya Tuhan dan kita manusia ciptaan-Nya. Tindakan Tuhan tidak terduga dan tidak terselami sama sekali. Semua tindakan Tuhan hendak menyatakan penyertaan dan pertolongan-Nya tiada henti bagi mereka yang percaya dan taat pada-Nya. Kasih Tuhan melimpah-limbah bagi kita.

Pengalaman iman itu, hendaknya memotivasi kita selalu percaya dan berserah diri pada-Nya. Hanya Tuhan Yesus satu-satunya Tuhan yang memahami keadaan kita seutuhnya. Jangan hanya kita kagum pada perbuatan Tuhan yang ajaib lalu melupakannya. Kita harus terus percaya dan berserah pada-Nya. Jangan pernah meragukan kuasa-Nya baik saat keadaan aman maupun berbahaya. Pertolongan Tuhan terjadi sebab kasih-Nya kepada kita sedemikian besar sehingga apapun situasi yang kita hadapi tidak pernah luput dari pandangan dan pendengaran Tuhan. Mari bersyukur atas semua kebaikan Tuhan dan puji nama-Nya seumur hidup kita.

GB.22

Doa : (Terima kasih Tuhan untukk tiap perbuatan ajaib-Mu yang selalu Engkau nyatakan dalam hidup kami. Biarlah kami terus mempercayakan hidup ini dalam tangan kasih-Mu)