Renungan Malam 21 April 2020

GB.252 : 1 – Berdoa

Keluaran 14 : 23 – 31
Demikianlah pada hari itu TUHAN menyelematkan orang Israel dari tangan orang Mesir. Dan orang Israel melihat orang Mesir mati terhantar di pantai laut. (ay.30)

Biasanya kepercayaan diri seorang anak akan muncul, ketika ia melihat kehebatan yang ditunjukkan sang ayah kepadanya. Misalnya kehebatan berlari, berenang, bela diri, atau kehebatan lain yang dapat membuat si anak menjadi bangga dan tidak lagi memiliki perasaan takut terhadap orang lain.

Ketika uamt Israel melihat kehebatan Allah dalam musnahkan kekuatan bala tentara Mesir, betapa senang dan bangganya mereka. Bayangkan, umat Israel tidka perlu mengeluarkan tenaga dan pikiran untuk menghadapi, serta menghalau tentara Mesir yang sedang mengejar mereka. Apalagi dari segi persenjataan dan teknik perang, dibanding tentara Mesir, tentu umat Israel tidak akan mampu menandingi kekuatan mereka. Umat Israel hanya mengandalkan kekuatan yang berasal dari Tuhan, di luar itu tidak ada, Umat Israel sempat mengalami ketakutan ketika mengetahui tantara Mesir sedang mengejar mereka. Kata mereka kepad Musa : “Engkau membawa kami untuk mati di tempat ini”. Akan tetapi, setelah Allah memusnahkan bala tantara Mesir, barulah mereka sadar bahwa Tuhan yang membawa keluar dari Mesir adalah Allah yang berkuasa.

Saudaraku, jika Tuhan Yesus di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? Itulah yang dikatakan oleh Rasul Paulus kepada jemaat di Roma dan kepada kita saat ini. Mengandalkan Tuhan Yesus dalam hidup, menandakan bahwa kita sangat terbatas dalam menghadapi berbagai kekuatan kegelapan dunia ini. Tentu kekuatiran dan ketakutan akan sering mewarnai kehidupan kita bersama keluarga, akan tetapi janji penyertaan dan pertolongan telah Tuhan katakan kepada kita. Karena itu, mari andalkanlah Tuhan Yesus dalam hidup ini, sebab hanya Dialah yang sanggup menolong kita terbebas dari kekuatan apapun yang ada di dunia ini.

GB.252 : 2

Doa : (Tuhan Yesus ajarlah kami, agar tidak takut oleh kekuatan apapun yang mencoba melemahkan iman percaya kami, sebab kami percaya bahwa Engkau pasti menyertai dan menolong kami.Amin)