Renungan Malam 15 Mei 2020

KJ.39 : 1,2 – Berdoa

Yakobus 1 : 22 – 25
Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja (ay.22a)

Pernah suatu ketika saya harus berkunjung ke salah satu keluarga yang sedang bertengkar. Saya hadir di tengah pertengkaran mereka, yaitu kakak beradik, laki-laki dan perempuan, tetapi sudah paruh baya. Mereka berdua sebenarnya sebenarnya rajin beribadah dan aktif dalam banyak kegiatan di gereja. Yang menarik dari pertengkaran mulut mereka adalah ketika dengan marahnya, adik laki-lakinya berkata keras, “percuma kau selalu pi gereja, pi ibadah-ibadah terus, tetapi sifatmu jelek!”

Kita mungkin pernah mengamati danya satu atau dua orang, yang bila di tengah persekutuan nampak seperti seorang yang saleh dan hampir tidak pernah absen dalam ibadah-ibadah. Orang-orang itu juga pasti aktif memberi pendapat dan memiliki pandangan yang bagus kalau pas ibadah model PA. sayangnya, suatu saat ketahuan oleh warga jemaat lainnya, kalau bapak ini di tempat usahanya dikenal sebagai orang yang “sadis” terhadap semua anak buahnya. Ternyata, kalau ia menegur kata-katanya kasar dan terkesan merendahkan manusia.

Dari dua kisah di atas ada pertanyaan mengapa orang seperti itu beribadah? Apa (kira-kira) artinya Firman yang sudah dia dengar? Itulah orang yang digambarkan oleh penulis surat Yakobus dengan ilustrasi orang yang berdiri didepan cermin. Dengan cermin orang tahu kalau rambutnya sudah Panjang serta tidak menarik maka haruslah dipangkas. Tetapi, ia tidak juga memangkas rambutnya. Sama juga dengan mereka yang sudah mendengar firman dan mengaminkan firman-Nya dalam ibadah-ibadah sebagai suatu kebenaran tetapi tidka dihidupi firman-Nya di depan sesama. Misalnya, ia aminkan bahwa sesuai khutbah yang didengar hal mengampuni orang yang telah menyakiti dirinya itu perlu dan baik, tetapi ia tidak mau lakukan. Itulah gunanya Firman kita dengar agar dimasyhurkan dan diberlakukan dalam dunia dan sesama.

KJ.39 : 3,5

Doa : (Ya Roh Kudus, tolonglah agar hidup hamba-Mu sanggup dan senantiasa memuliakan Firman di antara sesama.Amin)