Renungan Malam 22 Juni 2020

KJ.441 : 1 – Berdoa

Mazmur 15 : 1 – 5
yang tidak menyebarkan fitnah dengan lidahnya, yang tidak berbaut jahat terhadap temannya dan yang tidak menimpakan cela kepada tetangganya; (ay.3)

Pemazmur membedakan secara singkat namun mendalam, tentang perbedaan antara orang-orang yang layak dan mereka yang tidak pantas datang kepada Tuhan adalah mereka yang perilakunya tidak bercela. Sementara orang yang tidak pantas datang pada Tuhan adalah mereka yang hidupnya ditandai dengan sikap iri hati. Cirinya adalah selalu meninggikan diri dengan cara merendahkan sesama. Ketika meninggikan diri kita melupakan kenyataan bahwa manusia itu hanya berasal dari tanah. Manusia pada akhirnya pasti kembali menjadi tanah. Tuhanlah yang dalam kasih-Nya memberikan nafas kehidupan dan membuat dia menjadi manusia yang bernyawa. Ketika merendahkan sesama, kita melupakan bahwa yang direndahkan itu adalah orang yang dikasihi oleh Tuhan. Jadi, meninggikan diri dan merendahkan sesama yang dikasihi oleh Tuhan, pada prinsipnya adalah melawan Dia, Sang Pencipta.

Hal meninggikan diri sendiri dan merendahkan sesama adalah hal yang sangat sering kita jumpai dalam kehidupan keseharian. Justru karena itu, kerap kali orang melihatnya sebagai hal biasa dan wajar dalam kehidupan masyarakat. Karena itu, kita diperingatkan bahwa yang boleh datang kepada Tuhan dan diterima oleh Dia hanyalah mereka yang hidupnya berkenan kepada-Nya.

Mari mengakhiri seluruh kegiatan hari ini dengan menyadari bahwa Tuhan melihat segala sesuatu, baik pikiran perkataan dan perbuatan kita. Jadi, serahkanlah semuanya kepada Tuhan, supaya apa yang salah ditebus-Nya, dan yang benar dikuduskan oleh-Nya. Dengan demikian, kita dilayakkan untuk menerima semua berkat yang sedang disediakan-Nya bukan hanya berkat buat hari esok, melainkan bagi seluruh waktu kehidupan yang masih tersisa dalam kembara di dunia ini.

KJ.441 : 3

Doa : (Ya Bapa, tolong hindarkanlah kami dari sikap iri hati sehingga terhindar dari sikap meninggalkan diri sendiri dan merendahkan sesama.Amin)