Renungan Malam 25 Juni 2020

KJ.376 : 1 – Berdoa

Rut 4 : 8 – 17
….”Terpujilah TUHAN, yang telah rela menolong engkau pada hari ini dengan seorang penebus… (ay.14)

Keluarga Elimelekh merantau dari Betlehem, menuju Moab. Di Moab Elimelekh dan kedua puteranya meninggal. Naomi memutuskan untuk Kembali ke Betlehem dan meminta kedua menantunya Kembali ke keluarga masing-masing. Namun demikian, kepada Naomi, Rut, sebagai satu menantunya memastikan “Allahmulah Allahku, bangsamulah bangsaku”. Rut yang perempuan Moab memastikan bahwa imannya adalah iman Israel. Di Betlehem, Rut bertemu dan kawin dengan Boas. Obed, yang adalah kakek Raja Daud, dilahirkan dari perkawinan ini. Kelahiran Obed membuat kaum perempuan di Betlehem memuji Tuhan yang telah memberikan seorang penebus kepada Naomi. Naomi sengsara ketika meninggalkan Betlehem. Ia mendapatkan Kembali kebahagiaan ketika pulang ke Betlehem.

Kita kerap abai merenungkan sisi spiritual dari berbagai peristiwa dalam kehidupan. Hidup hanya dilihat seperti air mengalir tanpa makna yang jelas. Padahal setiap peristiwa kehidupan itu punya makna. Pengalaman sukses, ada maknanya. Pengalaman kecewa, juga ada maknanya. Hidup punya makna. Bukan hanya sekedar rentetan peristiwa dalam aliran waktu. Naomi dan Rut menjadi contoh yang jelas tentang bagaimana menjalani kehidupan tanpa kehilangan makna spiritualnya.

Perkembangan dalam masyarakat millennial memberikan banyak kemudahan, tapi sekaligus menjebak spiritualitas kita. Kita jarang memberi makna spiritual terhadap peristiwa-peristiwa. Akhirnya kita abai memaknai kehendak Tuhan dalam setiap peristiwa yang terjadi. Akibatnya kita bisa kehilangan arah hidup. Ambillah sedikit waktu untuk merenung, agar kita mampu melihat Tuhan di balik tiap peristiwa yang dialami. Kalau ini dilakukan, maka hidup akan punya makna bagi kita. Kehadiran kita akan bermakna bagi sesama. Inilah sesungguhnya maksud Tuhan ketika Dia menempatkan kita di sini dan sekarang ini.

KJ.376 : 2

Doa : (Ya Bapa, mohon berikanlah kepekaan untuk melihat kehadiran-Mu di balik semua peristiwa kehidupan yang kami alami.Amin)