Renungan Malam 28 Juli 2020

KJ.240a : 1 – Berdoa

Yosua 21 : 1 – 8
Lalu orang Israel memberikan dari milik pusaka mereka kota-kota …. kepada orang Lewi, seperti yang dititihkan TUHAN. (ay.3)

Tuhan berfirman bahwa suku Lewi tidak mendapatkan bagian tanah pusaka seperti suku Israel lainnya (Yosua 13:33) karena Tuhan Allah sendiri yang menjadi pusaka mereka. Namun demikian, Allah tetap memperhatikan kebutuhan hidup orang Lewi dengan jalan memberikan kota-kota tertentu dari kepunyaan suku-suku Israel menjadi kediaman mereka (lih. Bilangan 35:1-8).

Ayat 2 menyatakan bahwa setelah pembagian tanah selesai diberikan kepada 11 suku Israel di hadapan Tuhan, di depan pintu Kemah Pertemuan oleh iman Eleazar, Yosua dan kepala kaum keluarga, datanglah para kepala keluarga bani Lewi. Mereka juga menagih janji yang pernah diucapkan Tuhan kepada Musa untuk memberikan kota kediaman bagi mereka. Tiap suku Israel harus membagikan sebuah kota kepada bani Lewi. Ada 42 kota menjadi tempat kediaman bani Lewi yang tinggal di tengah-tengah kaum Israel ditambah 6 kota perlindungan beserta tanah untuk mengembalakan ternak mereka. Di ayat 3 tampaklah bahwa orang Israel rela membagikan sebagian milik pusakanya kepada orang Lewi sehingga mereka pun merasa diperhatikan dan dikasihi. Orang Israel dituntut untuk peduli kepada sesama saudara sebangsa sebagai bentuk ketaatan pada perintah Tuhan. Orang Kehat, Gerson dan Merari adalah tuga kaum mayoritas dari suku Lewi. Masing-masing mereka pun telah memperoleh bagiannya.

Renungan ini memberikan wawasan iman bagi kita bahwa hidup kita akan bermakna indah dan berbuah bila diisi dengan sifat empati dan sikap rela berbagi dengan sesama yang membutuhkan pertolongan. Tujuannya adalah agar mereka pun dapat melangsungkan hidup dalam kesejahteraan sebagaimana Allah memberkati kita. Bukankah tiap-tiap hari Tuhan kita peduli dan selalu mencukupkan keperluan hidup kita? Mari berbagi.Amin

KJ.424 : 1,2

Doa : (Ya Bapa, mampukan kami untuk menjadi pribadi yang rela berbagi kepada sesama yang membutuhkan.Amin)