Renungan pagi, 30 Juli 2020

KJ 363: 1 – Berdoa

Yosua 22: 1 – 8
“…mengasihi Tuhan, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukanNya,…” (ay 5)

Yosua memanggil suku Ruben, Gad dan suku Manasye. Mereka adalah tentara yang terlatih. Tanah pusaka dan kelaurga mereka yang berada di sebelah timur Sungai Yordan sudah menunggu kepulangan mereka. Sebelum mereka pulang, Yosua kembali memperingatkan supaya mereka hidup seturut dengan petunjuk Firman Tuhan.
Yosua memperhatikan kehidupan suku-suku itu, yaitu mereka sungguh-sungguh berpegang pada perintah dan ketetapan dari Tuhan, baik yang disampaikanNya melalui Musa maupun kepada Yosua. Dampak dari kepercayaan, ketaatan dan kesetiaan mereka pada Tuhan adalah mereka memperoleh keamanan, bahkan saudara-saudaranya yang lainpun turut merasakannya. Mereka memperoleh banyak jarahan yang bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka selepas berjuang dari pertempuran yang hebat. Sungguh suatu perjuangan yang menghasilkan kemenangan dan membawa damai sejahtera. Kemenangan itu berasal itu berasal dari Tuhan bagi mereka yang percaya. Oleh sekelompok orang yang percaya pada Tuhan dan rela bertempur hebat guna meraih masa depan maka seluruh bangsa dapat menikmati hasil yang memuaskan.
Yosua juga mengingatkan bahwa hasil kemenangan yang sudah diperoleh harus dibagikan kepada suadara-saudara lainnya sebab keberhasilan mereka juga didukung oleh doa dari sesama, adakah itu keluarga ataupun kerabat dan sahabat (ay 8).
Bagian firman Tuhan ini mengajarkan kita bagaimana seharusnya kita menjalani kehidupan, yakni mengikuti petunjukNya, berpaut padaNya, setia memelihara perintahNya, dan mengasihiNya dengan segenap hati serta jiwa. Sikap hidup beriman seperti itu akan menjadikan diri kita pembawa berkat yaitu keselamatan yang dari Tuhan bagi lingkungan sekitar dimana kita berada. Mungkin, apa yang kita lakukan tidak banyak namun jika dilakukan dalam ketaatan kepada Allah, maka perbuatan kita akan menjadi berkat bagi orang banyak. Amin.

KJ 363: 2

Doa: Ya Tuhan, materaikanlah hati kami agar kami selalu mengikuti petunjukMu dan memperoleh sukacita didalamnya. Amin.