Hari Minggu Adven II
Renungan Malam, 6 Desember 2020
Perjamuan Kudus

♪KJ.85 : 6,8 – Berdoa

Mikha 7:14 – 20
Seperti pada waktu Engkau keluar dari Mesir, perlihatkanlah kepada kami keajaiban keajaiban! (ay.15)

Mikha berdoa bagi masa depan bangsa Israel. Doanya seder-hana dan tidak berlebihan. Ia berdoa, agar bangsa Israel dipimpin Tuhan sebagai domba domba milik-Nya yang dapat menikmati kembali rumput hijau dan air segar (lih.Mzm.23). Ia pun berdoa, agar pimpinan Tuhan terus berlangsung seperti pengalaman rohani di masa lampau saat bangsa Israel terbebas dari perbu dakan Mesir. Kuasa Tuhan yang dahsyat tidak pernah terlupa-kan. Kesadaran dan penghayatan iman atas kebaikan Tuhan te-rus terpelihara dalam memori kolektif sebagai bangsa perjanjian.

Karya keselamatan Tuhan mendatangkan rasa kagum tak terkatakan. Peristiwa ajaib itu terjadi berulang-ulang sejak di Mesir, melintasi padang gurun dan memasuki tanah Kanaan. Karya keselamatan itu berlanjut, ketika bangsa Israel dihukum sebagai tawanan Babel. Kuasa Tuhan membebaskan mereka hingga kembali ke Yerusalem. Semua perbuatan Tuhan itu menjadi kesaksian nyata yang membuat bangsa-bangsa lain malu. Tuhan menunjukkan cinta-Nya bagi bangsa Israel dengan pengampunan dan kasih-Nya yang besar. Perjanjian keselamatan itu takkan berakhir, sebab Tuhan setia pada perjanjian-Nya.

Kita diingatkan untuk percaya dan berdoa. Tuhan Yesus pun mengajar kita berdoa kepada Bapa di sorga (Mat.6:9-13). Dengan berdoa, kita beroleh kasih dan berkat-Nya dalam menghadapi situasi sulit akibat pandemi global. Mari berdoa dan percaya, bahwa Tuhan Yesus menyertai saudara kita yang sementara dirawat serta mereka yang terdampak secara ekonomi dan psiko logis. Keteguhan iman untuk terus berdoa dan percaya pada mujizat-Nya, yang memampukan kita menyebarluaskan berita gembira tentang kasih Tuhan Yesus bagi saudara-saudara yang masih dikuasai keraguan serta ketakutan.

♪KJ.85 : 9,10

Doa : (Mohon pimpin kami ya Roh Kudus untuk tidak berpaling dari kasih Tuhan Yesus yang sudah menyelamatkan dari kebinasaan)