Minggu Adven II
Renungan Pagi, 8 Desember 2020

♪GB.284 : 1 – Berdoa

Matius 12 : 9-15a
Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat (ay.12)

Pandemi baik pada hari Sabat (ay.12) Covid-19 telah mengakibatkan duka mendalam. Data per 4 Agustus 2020, total pasien di Indonesia yang meninggal akibat Covid-19 mencapai 5.302 orang dan 70.237 pasien dinyatakan sembuh. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan memastikan, bahwa ketersediaan rumah sakit masih mampu untuk menampung pasien Covid-19. Mereka yang sakit perlu disembuhkan. Kita percaya pemerintah terus mengupayakan yang terbaik bagi keselamatan warga masyarakat.

Orang Farisi terus memata-matai pelayanan Tuhan Yesus. Mereka mengajukan pertanyaan dengan tujuan menyalahkan-Nya. “Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?” begitu kata orang Farisi. Jawaban Yesus jelas dan tegas: boleh! Jangankan menyembuhkan orang sakit, terhadap domba yang jatuh dalam lobang pada hari Sabat saja harus ditolong. Domba yang hanya satu ekor itu harus segera diselamatkan. Hari Sabat tidak boleh menghalangi perbuatan baik termasuk menyembuhkan yang sakit. Tuhan Yesus tidak hanya menjelaskan kehendak Allah. Ia juga memperlihatkan kasih Allah dengan menyembuhkan orang yang tangannya mati sebelah. Jawaban Tuhan Yesus begitu telak. Hari Sabat sama seperti hari-hari lainnya, menjadi kesempatan berbuat baik terhadap sesama yang menderita, dan bukan ajang menghakimi, apalagi membiarkan sesama menderita.

Upaya pemerintah menanggulangi pandemi global kadang terhalang pola pikir sempit dari sebagian warga masyarakat. Mereka menolak tenaga kesehatan melakukan tes cepat atau tes usap. Yang lain, mengusir petugas medis tinggal dalam lingkungan mereka. Beberapa keluarga mengambil paksa anggota keluarganya, agar tidak dimakamkan di kuburan khusus. Sebagai umat Tuhan, kita dipanggil untuk berbuat baik dengan cara mengikuti anjuran pemerin-tah: menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak sosial. Bersama kita berdoa, supaya kuasa Tuhan Yesus menyembuhkan semua pasien yang dirawat, melindungi tenaga kesehatan dalam tugasnya dan menghibur saudara-saudara yang berduka.

♪GB.284 : 2,3

Doa : (Tuhan Yesus tolonglah saudara-saudara yang sakit dan mohon lindungilah semua tenaga medis, agar mereka selamat dalam tugasnya)