Minggu Adven IIRenungan Pagi, 11 Desember 2020
♪GB.130 : 1 – Berdoa

Markus 2 : 1-4
Maka datanglah orang-orang berkerumun sehingga tidak ada lagi tempat, bahkan di muka pintu pun tidak (ay.2)

Pelayanan Tuhan Yesus berlangsung efektif. Pemberitaan firman dan penyembuhan menjadi daya tarik kuat orang-orang datang dalam jumlah besar. Kegairahan bertemu Tuhan begitu hebat. Kota Kapernaum jadi saksinya. Informasi tersebar luas dan tiap orang menyusun agenda bertemu Tuhan Yesus. Persiapan matang dilakukan masing-masing orang, baik yang sehat maupun yang memiliki anggota keluarga yang sakit. Kedatangan Tuhan Yesus tidak boleh terlewatkan begitu saja.

Pelayanan Tuhan Yesus sangat mengagumkan. Penyam-paian firman yang penuh kuasa serta penyembuhan, merupakan dambaan banyak orang di tengah pergumulannya. Para pengikut Tuhan merasakan sukacita besar atas pelayanan Tuhan. Sisi rohani mereka dipuaskan dengan kebenaran firman Tuhan. Sisi jasmani mereka terlayani dengan kesembuhan. Fasilitas terbatas tidak menghalangi mereka datang, meskipun harus berdesakan. Mereka maklum dengan kondisi yang minim. Yang utama bukan fasilitas, tetapi pelayanan Tuhan Yesus. Hidup yang diubah dan dijamah Tuhan Yesus menjadi segala-galanya. Sukacita bertemu Tuhan Yesus menjadi alasan mendasar untuk bertahan mendengar dan mengalami kasih-Nya, termasuk seorang lumpuh yang digotong sahabat-sahabatnya.

Situasi pandemi korona tidak memungkinkan kita bertemu dalam jumlah besar. Gedung ibadah hanya dapat dihadiri sesuai protokol kesehatan, tidak ada jabat tangan, dan cipika-cipiki. Pemberitaan firman Tuhan secara daring merupakan strategi efektif, agar umat terus mendengar firman Tuhan dan bersukacita di dalamnya. Jika pelayanan gereja menjawab kebutuhan warga jemaat, maka gereja telah menjadi berkat bagi jemaatnya. Sukacita bertemu Tuhan Yesus hanya dialami oleh mereka yang percaya kasih-Nya yang besar. Kembangkan terus pelayanan gereja, walaupun tantangannya berat dan fasilitas terbatas.

♪GB.130 : 2,3

Doa: (Tuhan Yesus, kami yakin bersama-Mu selalu ada sukacita besar, sebab kasih-Mu diberikan bagi semua orang tanpa membeda-bedakan)