Hari Minggu Adven III
Renungan Pagi, 13 Desember 2020

♪KJ. 84 : 1,2 – Berdoa

Yesaya 35 : 1 – 10
Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hati: “Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!” (ay.4)

Desember selalu dirindukan karena merupakan waktu merayakan Natal dengan berbagai bentuk ibadah yang kreatif sebagai refleksi peristiwa kelahiran-Nya, dan berbagai acara yang atraktif, serta biaya konsumsi yang kadang fantastis. Desember juga kadang menunjukkan adanya wajah-wajah yang suram, bahkan tawar hati. Di bulan Desember sering umat gagal menghayati kehadiran-Nya yang membawa sukacita sejati!

Nabi Yesaya diutus Allah untuk memberitakan tentang Penggenapan Janji Keselamatan dari Dia melalui kehadiran, karya dan kasih-Nya yang nyata bagi umat serta seluruh ciptaan-Nya (ayat 1-2). Berita sukacita itu ditujukan kepada umat yang pada saat itu sedang mengalami keadaan tidak nyaman, menderita, dan sangat sulit, yang membuat mereka menjadi lemah serta tawar hati (ayat 3-4). Berita sukacita dari Allah disampaikan oleh Yesaya kepada umat untuk menguatkan dan mengalami sukacita, karena menyadari kehadiran dan karya Allah bagi mereka (ayat 5-7). Umat diingatkan, bahwa justru dalam ketidakadaan serta ketidakberdayaan umat, kehadiran Allah membawa sukacita sejati! Sukacita sejati karena Dia, Allah yang Mahaagung dan Mahakudus mau datang serta menyelamatkan (ayat 8-10).

Gaudete, bersukacita, pesan yang dibawa ketika kita memasuki minggu Adven ke III, diteguhkan melalui pesan firman Allah dari Yesaya 35:1-10. Sukacita sejati semestinya dimiliki oleh setiap kita di minggu ini. Karena kita menyambut kehadiran Penebus dan Juruselamat, yang mewujudkan kasih-Nya di tengah-tengah berbagai situasi yang ada. Sukacita dalam hidup beriman dapat dimiliki bukan karena APA yang dipunyai maupun yang hilang dari kita. Sukacita dialami, karena SIAPA yang hadir dalam hidup kita serta berkarya dengan kasih-Nya yang sejati, yaitu KRISTUS YESUS, TUHAN!

♪KJ. 84 : 3

Doa : (Ya Tuhan Yesus, kami bersyukur menyambut kehadiran-Mu sebagai wujud kasih-Mu yang memberi sukacita sejati)