Minggu Adven IIIRenungan Malam, 19 Desember 2020
♪KJ. 81 : 1,2 – Berdoa

Matius 21 : 42 – 46
Dan mereka berusaha untuk menangkap Dia (ay.46)

Kehadiran Tuhan Yesus adalah untuk menggenapi janji keselamatan yang dianugerahkan bagi seluruh ciptaan, agar terbebas dari belenggu perbudakan dosa.

Setelah menguraikan perumpamaan tentang para penggarap kebun anggur, lalu Tuhan Yesus mengutip landasan pengajaran dari kitab suci MAZMUR 118:22-23. Isinya menegaskan, bahwa kehadiran-Nya adalah penggenapan akan janji keselamatan yang telah dinubuatkan dalam kitab para Nabi. Tuhan Yesus mengutip bagian Perjanjian Lama itu untuk menyatakan, bahwa karya kasih dan keselamatan Allah digenapi. Yang menggenapinya adalah Allah sendiri.

Dia hadir untuk memberi sukacita bagi seluruh ciptaan. Sekalipun proses untuk mewujudkan sukacita sejati itu adalah proses yang tidak menyenangkan, bahkan membuat penderitaan dan kematian, namun Tuhan Yesus Kristus tetap teguh dengan janji-Nya. Ia hadir untuk memberikan sukacita, meski menghadapi tantangan, ancaman bahkan risiko pembunuhan terhadap diri Nya.Namun demikian, Ia tidak sedikit pun mundur. Ia tetap maju, hadir dan memberi sukacita sejati kepada seluruh ciptaan-Nya.

Besok kita masuk di hari Minggu Adven IV. Itu artinya, kita akan semakin dekat untuk menyambut dan merayakan Natal dengan sukacitan-Nya yang besar. Firman Tuhan malam ini memberikan penegasan kepada kita. Pertama, sukacita yang kita terima adalah dari Allah, karena keselamatan yang dianugerahkan-Nya. Kedua, kita diajak untuk merenungkan ulang tentang sikap dan tindakan dalam memelihara dan menjalani hidup yang telah dikaruniakan sukacita ilahi. Ketiga, mari kita jalankan mandat Tuhan, dengan sukacita abadi yang senantiasa dikaruniakan-Nya kepada yang taat dan percaya kepada-Nya. Tuhan Yesus memberkati bapak/ ibu/ saudara sekalian.

♪KJ. 81 : 3,4,5

Doa : (Ya Tuhan Yesus, sungguh hadiah terbesar adalah kehadiran-Mu dalam diri dan kehidupan kami)