Sesudah Epifani
Renungan Malam, 7 Januari 2021

♪GB.114 : 1 – Berdoa

Kejadian 17:23 – 27
Setelah itu Abraham…, mengerat kulit khatan mereka pada hari itu juga, seperti yang telah difirmankan Allah kepadanya (ay.23)

Manusia adalah ciptaan Allah yang diberikan tugas dan tanggung jawab. Untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab itu, manusia membutuhkan hikmat dari Allah. Hikmat menuntun manusia untuk dapat mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya, sekalipun pergumulan menjadi bagian di dalam hidupnya. Sebagai orang yang beriman, kita kembali diajak untuk merenung. Apakah kita telah melakukan Firman Allah di dalam tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan sepanjang hari ini?

Kita perlu belajar dari kehidupan Abraham. Ketika mengikat perjanjian dengan Abraham, Allah berfirman kepadanya. Lalu Abraham segera melakukan apa yang Allah katakan kepadanya. Ini merupakan bukti, bahwa Abraham percaya kepada Allah, sehingga melakukan ketetapan yang diperintahkan-Nya. Jika hari ini ada perbuatan yang kita lakukan, namun tidak sesuai dengan Firman Allah, maka datanglah dan buatlah pengakuan serta mohon pengampunan kepada Allah. Sebaliknya, jika sepanjang hari ini kita telah melakukan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan Firman Allah, maka bersyukurlah. Karena sesungguhnya Allah yang memampukan kita untuk menjadi pelaku Firman.

Menjadi pelaku Firman di dalam dunia tentu akan mengalami berbagai macam tantangan dan hambatan. Karena itu banyak orang yang tidak konsisten dalam melaksanakan Firman Allah. Sebagai orang yang beriman, janganlah cepat puas terhadap tindakan yang telah dilakukan. Berusahalah untuk mengevaluasi diri dan selalu meminta pertolongan Allah, agar akhirnya dimampukan menjadi pelaku Firman-Nya. Ketika melihat sesama manusia yang belum melakukan Firman Allah, janganlah cepat menghakimi. Berdoalah bagi mereka, agar mau dituntun Roh Kudus untuk hidup benar dan kudus di hadapan Allah.

♪GB. 114 : 2

Doa : (Tuhan, terima kasih untuk kekuatan yang Engkau berikan, sehingga kami dimampukan untuk melaksanakan tugas sesuai tuntunan Firman-Mu)