Sesudah Epifani
Renungan Pagi, 8 Januari 2021

♪GB.104 : 1 – Berdoa

Kejadian 21 : 1 – 7
TUHAN memperhatikan Sara, seperti yang difirmankan-Nya, dan TUHAN melakukan kepada Sara seperti yang dijanjikan-Nya (ay.1)

Cinta yang dimiliki oleh seseorang terhadap sesamanya akan tampak melalui perhatian dan tindakannya. Ketika ada seseorang yang menyatakan cinta dan kasih terhadap sesamanya melalui perkataan, namun tidak memberikan perhatian, maka sulit untuk percaya pada ucapannya. Sebaliknya, orang yang tidak mengatakan perasaan cintanya, tetapi memberikan perhatian, serta ada tindakan yang memperlihatkan perasaannya, maka sesama akan mengetahui apa yang dirasakan olehnya.

TUHAN sangat mencintai dan mengasihi manusia. Untuk dapat mengetahui kasih TUHAN, sesungguhnya manusia dapat melihat melalui kehidupan yang dianugerahkan-Nya. Cinta dan kasih TUHAN nyata melalui perhatian dan tindakan-Nya di dalam kehidupan ini. Mungkin saat ini, kita meragukan cinta dan kasih TUHAN. Beban hidup yang begitu berat bisa membuat kita jadi takut melangkah di hari yang baru. Nas Alkitab pagi ini, mengingatkan orang beriman, bahwa TUHAN sangat mencintai dan mengasihi kita. Hal ini tampak melalui kehidupan Sara, isteri Abraham. Sara seorang perempuan mandul yang memperoleh cinta dan kasih-Nya. TUHAN sangat memperhatikan hidupnya. TUHAN berjanji kepada Abraham untuk memberikan keturunan melaluinya. TUHAN bertindak sesuai janji-Nya. Sebagai orang yang beriman, sudah seharusnya kita percaya terhadap perkataan TUHAN yang menyatakan kasih Nya. Sekalipun beban hidup begitu berat, TUHAN tetap memperhatikan kita.

Ingatlah, TUHAN memberikan pertolongan-Nya kepada kita. Karena itu janganlah kita larut dengan masalah yang dialami dan mulai meragukan janji TUHAN. Kita hendaklah tetap percaya dan melakukan tugas dan tanggung jawab sepanjang hari ini. Dalam ketaatan kepada-Nya, kita menjalani hari-hari hidup ini dan percaya, bahwa janji-Nya akan tergenapi pada waktunya.

♪GB.104 : 2

Doa : (Bapa, terima kasih untuk cinta dan kasih-Mu. Engkau selalu memperhatikan kami dan mampukan untuk tetap percaya kepada-Mu)