Minggu III Sesudah Epifani
Renungan Malam, 25 Januari 2021

♪KJ.339 : 1 – Berdoa

Matius 8:28 – 34
Maka setan-setan itu meminta kepada-Nya, katanya: “Jika Engkau mengusir kami, suruhlah kami pindah ke dalam kawanan babi itu” (ay. 31)

Ada seorang kami, suruhlah Stand kami Up pindah Comedy ke dalam yang kawanan bercerita, babi itu” (ay.31) bahwa setan itu takut dengan orang Kristen. Mengapa? Karena rata-rata kita ini suka dengan makanan yang memakai bahan daging babi. Apa hubungannya makanan itu dengan ketakutannya setan? Ketika Tuhan Yesus mengusir setan-setan yang merasuki dua orang di daerah Gadara, mereka itu pindah ke dalam babi-babi. Logikanya, setan-setan masuk ke babi. Lalu kita makan daging babi. Berarti setan ikut dilumat. Karena itu setan takut dengan orang Kristen.

Humor di atas memakai rujukan bahan bacaan hari ini. Tuhan Yesus mengusir setan-setan yang merasuki dua orang di daerah Gadara. Ketika melihat Tuhan Yesus, mereka pun berteriak, “Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?” Lalu setan-setan itu meminta, jika Yesus mengusir mereka, maka suruhlah untuk pindah ke dalam kawanan babi. Dari perkataan setan-setan tersebut, kita mengetahui bahwa mereka takut kepada Tuhan Yesus, Anak Allah. Selain itu, bahwa Tuhan Yesus akan menyiksa mereka pada waktu-Nya nanti. Kemudian seiring dengan kawanan babi itu mati terjun ke jurang, mereka pun lenyap.

Perikop ini menyaksikan, bahwa Yesus yang kita sembah itu mempunyai kuasa yang dapat mengalahkan setan-setan. Jadi kita yang beriman kepada Tuhan Yesus, juga mempunyai kuasa untuk mengalahkan setan-setan. Di tengah-tengah atmosfir masyarakat Indonesia yang masih percaya takhayul, mitos-mitos dan legenda-legenda, yang membuat orang “takut setan”, maka kita sebagai Murid Kristus seharusnya tampil berani. Jadi, kita bayangkan saja “setan” itu menjadi masakan seperti babi rica atau sate babi yang dibakar dan dilumat habis. Karena perikop bacaan ini merupakan kesaksian, adanya jaminan dari Tuhan Yesus yang Empunya kuasa atas setan, supaya kita tidak takut lagi.

♪KJ.339 : 2

Doa : (Tuhan Yesus, mohon mampukan kami untuk tidak takut oleh apapun , karena Engkau Mahakuasa di atas segalanya)