Minggu VI Prapaskah
Renungan Malam, 26 Februari 2021

♪GB.61 : 1,2 – Berdoa

Filipi 3 : 15 – 16
Tetapi baiklah tingkat pengertian yang telah kita capai kita lanjutkan menurut jalan yang telah kita tempuh (ay. 16)

Tidak ada kata terlambat dan selesai untuk mengejar pengetahuan. Hal ini berarti, bahwa menggapai pengetahuan adalah proses yang berkelanjutan.

Di sepanjang surat ini kita dapat mengetahui, bahwa Paulus berulang kali berkata kepada jemaat di Filipi, agar mereka memiliki pengetahuan yang benar. Dimulai dengan doanya, agar mereka memiliki lebih banyak pengetahuan dan pengertian tentang hal-hal rohani (1:9). Lalu dilanjutkan dengan nasihatnya kepada mereka untuk memiliki pikiran dan perasaan yang sama, seperti yang dilakukan Kristus (2:5). Pokok pikiran kemudian berlanjut dalam bacaan saat ini, yaitu Paulus meminta orang Filipi untuk memiliki pemikiran yang sama seperti yang dia miliki (3:15a). Pemikiran seperti itu difokuskan untuk mengenal Kristus dan menjadi seperti Dia baik dalam penderitaan dan kebangkitan-Nya. Ini adalah pengajaran yang layak dikejar.

Jika ada yang memiliki fokus yang berbeda, Paulus meminta Tuhan untuk mengungkapkan hal itu kepada mereka (3:15b). Paulus tahu, bahwa beberapa dari jemaat sudah berada di jalur yang tepat, sehingga dia mengatakan kepada mereka untuk melanjutkan tingkat pengertian yang telah dicapai (3:16). Melalui nasihat untuk melanjutkan pengertian yang telah dicapai, Paulus mau menyatakan, bahwa pengenalan akan Kristus bukanlah proses satu kali, tetapi itu harus dilakukan secara berkelanjutan.

Banyak orang yang merasa sudah bertobat dan sudah memiliki pengenalan akan Kristus, sehingga tidak lagi fokus untuk mengejar pertumbuhan dalam pengertian yang benar. Pengertian yang benar hanya dapat kita alami ketika terus menerus menghayati cinta kasih Kristus dan terus berupaya hidup di dalam-Nya. Ketika diri ini merasa cukup mengenal Yesus, maka sebenarnya di saat itu kita sama sekali tidak mengenal-Nya.

♪GB.61 : 3,4

Doa : (Ya Tuhan, tolong mampukan kami untuk terus berupaya mengenal-Mu secara pribadi)