Hari Minggu IV Prapaskah
Renungan Pagi, 7 Maret 2021

♪KJ.160 : 1 – Berdoa

Ezra 1 : 1-5
TUHAN menggerakkan hati Koresh untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia (ay.1)

Rencana TUHAN pasti diwujudkan-Nya. Janji-Nya pasti digenapi-Nya. Untuk itu TUHAN dapat memakai apa dan siapa saja untuk mewujudkan dan menggenapi janji-Nya. Peristiwa pandemi covid-19 bisa kita maknai sebagai rencana TUHAN untuk membawa umat manusia mengingat-Nya dan kembali menoleh kepada-Nya. Penemuan obat dan vaksin untuk mengatasi virus covid-19 dapat kita pahami sebagai penggenapan janji Tuhan untuk menyatakan kuasa dan kasih-Nya. Kehidupan modern yang lebih menekankan hal-hal yang duniawi dipaksa untuk kembali melihat hal-hal yang rohani. Semua terjadi karena TUHAN mengizinkan adanya pandemi covid-19. Ia juga “memakai” para ilmuwan untuk menemukan obat dan vaksin guna mengatasi pandemi tersebut.

Umat Israel yang diizinkan TUHAN mengalami pembuangan di Babel sangat merindukan untuk dapat kembali ke Kanaan. TUHAN mengizinkan hal itu terjadi, agar umat Israel ‘kembali berpaling kepada-Nya’ setelah sekian lamanya mereka hidup dengan menyem-bah berhala-berhala. Ia berjanji akan mengembalikan mereka ke Kanaan setelah 70 tahun berada di Babel (Yer. 25:11; 29:10). TUHAN membangkitkan kerajaan Persia yang dipimpin oleh raja Koresh untuk menaklukkan Nebukadnezar raja Babel. Babel akhirnya takluk di bawah raja Koresh. Lebih jauh TUHAN menggerakkan hati Koresh untuk menggenapi janji-Nya kepada umat Israel. Koresh mengumumkan dan memberi perintah, agar umat Israel ‘berangkat pulang ke Yerusalem, yang terletak di Yehuda’ (ayat 3).

Rencana TUHAN dan janji-Nya diwujudkan oleh Koresh raja Persia. Ia seorang yang bukan percaya kepada TUHAN yang disembah umat Israel. Koresh menjadi ‘alat di dalam tangan TUHAN’ untuk melaksanakan rencana dan kehendak-Nya. Di minggu-minggu prapaskah ini hati kita diarahkan untuk mengenangkan rencana karya penyelamatan-Nya lewat pengorbanan Anak-Nya di kayu salib. Kita terpanggil menjadi alat-Nya untuk mewujudkan karya penyelamatan-Nya itu. Biarkanlah hati kita digerakkan oleh TUHAN sebagaimana yang Dia buat pada Koresh. Jadilah alat TUHAN untuk menyatakan kuasa dan kasih-Nya, agar banyak orang diselamatkan.

♪KJ. 160 : 5

Doa : (Ya Tuhan, mohon gerakkanlah hati kami, agar sedia menjadi alat-Mu untuk melanjutkan karya penyelamatan-Mu)