Minggu IV Prapaskah
Renungan Malam, 10 Maret 2021

♪GB. 69 : 1 – Berdoa

Ezra 2 : 64 – 70
mempersembahkan persembahan sukarela.., memberi sumbangan sekadar kemampuan mereka (ay.68,69)

Rombongan yang pulang dari pembuangan tidak hanya orang-orang Israel, tetapi juga ternak peliharaan mereka: 736 ekor kuda, 245 ekor bagal, 435 ekor unta, 6.720 ekor keledai. Ini membuktikan, bahwa orang-orang Israel semasa berada di tempat pembuangan tetap mengusahakan kehidupan mereka. Mereka bekerja dengan giat. TUHAN tetap memberkati mereka. Begitulah mereka menghayati firman yang disampaikan, bahwa kesejahteraan kota di mana mereka dibuang adalah kesejahteraan mereka juga (Yer. 29:7).

Hal itulah yang membuat mereka pulang dari pembuangan tidak hanya membawa diri sendiri saja. Mereka pun membawa semua harta benda yang diperoleh selama bergiat di tempat pembuangan. Mereka melihat itu sebagai bagian dari berkat Tuhan yang akan gunakan juga untuk menjadi sarana yang memulihkan keadaan bait Tuhan. Dicatat pada ayat 69 sebagian dari mereka mempersembahkan 61.000 dirham emas; 5.000 mina perak; 100 helai kemeja imam. Semua itu disumbangkan untuk perbendaharaan guna pekerjaan pembangunan/renovasi bait Tuhan. Dicatat mereka yang pulang dari pembuangan gelombang pertama ini seluruhnya berjumlah 42.360 orang (ay.64). Sedangkan pada ayat 68 dan 69 dicatat tatkala mereka datang ke rumah TUHAN yang di Yerusalem (hanya) beberapa kaum keluarga yang mempersembahkan persembahan sukarela dan memberi sumbangan sekadar kemampuan mereka. Sebagian besar keluarga lainnya tentu juga ikut ber-partisipasi, walaupun mungkin tidak dalam bentuk harta benda. Mempersembahkan tenaga tentu sangat diperlukan juga.

Tiap-tiap orang maupun keluarga masing-masing beroleh berkat Tuhan sesuai pemberian-Nya. Janganlah menyangkali berkat Tuhan sesulit apapun kehidupan kita. Burung di udara diberi makan oleh Tuhan, apalagi kita yang adalah umat tebusan-Nya (band. Luk. 12:24). Kita terpanggil untuk selalu mensyukuri berkat Tuhan seberapapun adanya dengan sedia senantiasa menopang pekerjaan-Nya melalui gereja-Nya. Ingatlah.., Ia telah memberikan segala yang ada pada-Nya bagi keselamatan kita.

♪GB. 69 : 2

Doa : (Terima kasih atas berkat-Mu bagi kami. Mohon kuatkan kami untuk senantiasa bersyukur dan menopang pelayanan gereja-Mu)