Minggu Paskah
Renungan Malam, 5 April 2021

♪KJ.446 : 1,2 – Berdoa

Matius 28 : 18 – 20
Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman (ay.20b)

Kitab Injil Matius mengakhiri pemberitaannya dengan pernyataan yang sangat kuat dan meyakinkan, bahwa Tuhan berkuasa sampai akhir zaman. Tidak sesuatu atau seseorang yang bisa menguasai dunia sampai batas akhir (kesudahannya). Berakhirnya dunia dan manusia di bumi adalah hak Tuhan. Tuhan berhak menciptakan. Tuhan jugalah yang berhak menyudahi segala galanya. Sebab Ia berkuasa atas alam semesta. Pengkhotbah mengatakan, “Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya” (3:1 dst). Jika hal ini disikapi dengan baik, maka yang bisa kita katakan bahwa segala sesuatu di dunia ini pada saatnya akan berlalu dan musnah habis.

Janji Tuhan Yesus itu menjamin kita sekarang yang masih hidup untuk terlibat dalam misi kasih-Nya, yaitu membawa jiwa-jiwa yang terhilang dan mengajar mereka taat pada prinsip-prinsip (peraturan maupun perintah) yang benar. Tuhan Yesus sudah bangkit. Kini Ia tetap menyertai dan memperhatikan gerak gerik hidup kita saat ini. Ia memperhatikan serta mempedulikan kita yang sedang dalam pergumulan hidup. Kepedulian-Nya dan perhatian-Nya memberi kita kesempatan untuk lebih berani bersaksi tentang Injil kebenaran sampai akhir zaman. Ini terjadi supaya pada akhirnya kita tidak perlu malu terhadap Dia (bandingkan dan bacalah 1 Yohanes 2 : 28)

Tuhan berbuat demikian, supaya manusia takut akan Dia. Manusia harus takut pada Tuhan seumur hidupnya. Artinya manusia harus tunduk dan setia pada Tuhan sampai akhir zaman. Karena kemampuan kita untuk hidup sampai akhir zaman adalah pemberian dan anugerah Tuhan. Itu harus dimanfaatkan dengan penuh tanggungjawab. Kita tetap harus mempunyai relasi yang benar dan adil dengan Dia. Artinya kita harus sungguh-sungguh tunduk serta menyembah-Nya selaku Tuhan setiap saat dengan segenap hati dan kekuatan di manapun berada.

Mari memberitakan Injil dengan bijaksana. Jangan takut dan gentar, sebab ada penyertaan Tuhan yang abadi.

♪KJ. 446 : 3,4

Doa : (Ya Tuhan Yesus tolong kami memahami tanda-tanda akhir zaman dan berusaha memberitakan injil. Tuhan Yesus mohon bimbinglah kami untuk selalu setia kepada-Mu sampai akhir zaman)