Hari Minggu V Ses. Pentakosta
Renungan Malam, 27 Juni 2021

♪KJ.450 : 1– Berdoa

2 Korintus 9:12 – 15
Syukur kepada Allah karena karunia-Nya (ay.15)

Sejak awal perikop bacaan firman Tuhan ini, Paulus hendak mengajarkan jemaat di Korintus tentang arti memberi. Hal tersebut ditekankan Paulus karena belum terlaksananya bantuan jemaat Korintus untuk saudara-saudara seiman di Yerusalem. Bagi Paulus memberi yang didasari dengan rasa syukur kepada Allah sanggup melimpahkan berkat dalam kehidupan mereka yang percaya kepada-Nya. Setiap orang percaya harus memahami dengan iman, bahwa kasih karunia-Nya akan mencukupkan segala sesuatu yang umat butuhkan, karena Dia memberi apa yang diperlukan oleh mereka yang percaya kepada Nya.

Memang kenyataannya jika kita memberi maka ada berkurang dalam diri kita dan sebaliknya ada yang bertambah di dalam dari orang yang menerimanya.Kenyataan tersebutlah yang membuat banyak orang enggan untuk memberi terlebih memberi dengan ketulusan hati. Kalaupun ada biasanya ada timbal baliknya atau ada maksud tertentu. Paulus mengingatkan setiap kita yang percaya, bahwa apa yang dilakukan itu adalah sebuah pelayanan yang didasari oleh kasih Allah yang telah kita terima dalam hidup ini. Dia yang menyediakan benih dan melipat gandakan juga menumbuhkan dan menghasilkan buah-buah kebenaran. Pemberian kita yang didasari oleh ketulusan hati dan kasih kita kepada Tuhan Yesus pasti membuat sesama kita yang menerimanya terberkati dan mengalami sukacita dalam hidupnya. itulah karunia Allah bagi kita dan bagi sesama.

Oleh karena itu mari menutup hari dengan mensyukuri nikmat dan berkat Allah, bersyukur atas karunia yang Dia berikan yang memampukan kita sebagai umat-Nya menjalani hidup. Ingat selalu untuk bersyukur jangan bersungut sungut dan jangan pelit, sebab berkat-Nya tiada berkesudahan dan selagi masih ada kesempatan jadilah saluran berkat-Nya sesuai karunia yang diberikan kepada kita semua.

♪KJ.450 : 3

Doa : (Terima kasih untuk rahmat dan berkat-Mu bagi kami, didik kami untuk mau dipakai menjadi saluran berkat-Mu bagi sesama kami)