Minggu XII Ses. Pentakosta
Renungan Malam, 20 Agustus 2021

♪GB.238 : 1,2 – Berdoa

Roma 8:26 – 30
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. (ay.28)

Berada dalam kelemahan, membuat tidak sanggup melakukan sesuatu dengan baik dan maksimal. Dalam kelemahan, kemampuan bekerja dan berkarya menurun. Karena itu, ketika berada dalam kelemahan, kebanyakan orang hanya fokus pada permasalahan yang dihadapi. Sehingga, tidak jarang terlupakan bahwa kita memiliki Tuhan yang hidup dan berkuasa. Kitapun lupa, Dia telah mengirim Penolong yang selalu menyertai yaitu Roh yang berada di dalam diri setiap orang percaya. Benar adanya, setiap orang memiliki kelemahan-kelemahan tersendiri dalam hidupnya. Tetapi, semua kelemahan itu dapat diatasi bersama Roh. Roh itu ada dalam kehidupan kita dan akan bekerja secara efektif bagi orang yang memohon bimbingan-Nya.

Dalam setiap kelemahan yang dialami, rasul Paulus menegas-kan, “Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan” (ay.26). Jadi, sebenarnya kita adalah orang-orang yang sangat beruntung, karena memiliki Penolong dalam menjalani hidup di dunia ini. Pekerjaan Roh dalam hidup kita tidak terbatas, segala maksud hati yang tidak dapat diucapkan, dapat disampaikan kepada Allah. Bahkan oleh Roh, segala pekerjaan-pekerjaan Allah akan dinyatakan dalam hidup kita (ay.27).

Pergumulan apapun yang terjadi dalam hidup ini, jangan biarkan sampai membujuk dan memaksa kita menjauh dari Tuhan. Kita harus dapat membangun kembali roh kita untuk hidup dalam Tuhan. Di dalam kelemahan kita, Roh Kudus akan selalu menguatkan. Dia menuntun dalam gumul juang kita menata dan membangun kehidupan spiritualitas. Sebab, Allah turut bekerja dalam hidup orang yang percaya dan mengasihi-Nya, yaitu mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah (ay.28). Selamat terpanggil dalam pimpinan Roh.

♪KJ.238 : 4,5

Doa : (Roh Kudus, mohon tuntunlah roh kami yang lemah ini, agar mampu menghadapi segala tantangan dan pergumulan hidup)