Hari Minggu XVI Ses. Pentakosta
Renungan Pagi, 13 September 2021

♪GB.4 : 1,2 – Berdoa

2 Korintus 2 : 12-13
Tetapi hatiku tidak merasa tenang, karena aku tidak menjumpai saudaraku Titus. Sebab itu aku minta diri dan berangkat ke Makedonia (ay.13)

Peduli merupakan kata kerja yang memperlihatkan adanya sikap dari seseorang untuk memberikan perhatian, baik terhadap sesama maupun lingkungan. Orang yang memiliki kepedulian tentu tidak hanya sebatas memperhatikan, tetapi ada aksi yang dilakukan. Contoh, seorang wakil rakyat yang sadar akan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan kepadanya, tentu akan peduli terhadap rakyatnya. Maka, ia akan menunjukkan kepedu liannya itu melalui program-program yang menyentuh langsung dengan masyarakat. Program-program yang dibuat tentunya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat dan kebaikan bagi kehidupan bersama. Namun nyatanya, dalam kehidupan di dunia ini kita sering kali berjumpa dengan orang orang yang tidak memiliki kepedulian.

Teks Alkitab bacaan pagi ini mengisahkan tentang Paulus yang peduli terhadap Titus. Titus seorang yang percaya kepada Kristus. Ia bukan orang Yahudi. Ia bekerja bersama dengan Paulus dan memiliki peran penting dalam perkembangan jemaat di Korintus. Ketika Paulus tiba di Troas (pelabuhan utama dari Asia kecil bagian barat laut, yang dimanfaatkan oleh para pelancong dari Asia ke Makedonia), ia tidak berjumpa dengan Titus. Maka, ia memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Makedonia. Hal ini Paulus lakukan tentu dengan sebuah tujuan, tidak hanya sekadar berjumpa dengan Titus, tetapi memberikan semangat, motivasi dan pengajaran. Dengan demikian, tidak hanya Titus yang memperoleh kekuatan dalam menjalankan tugas, tetapi orang-orang yang beriman kepada Kristus juga.

Melalui teks Alkitab pagi ini, sebagai orang beriman kembali diingatkan untuk peduli, karena sesungguhnya manusia hidup tidak hanya untuk dirinya sendiri. Jalani hari ini dengan sukacita, berikanlah yang terbaik untuk Tuhan dan nyatakanlah melalui tindakan yang memperlihatkan bahwa orang yang beriman kepada Kristus, peduli terhadap sesama dan lingkungan.

♪KJ.429 : 1

Doa : (Tuhan, ketika dunia dalam kesulitan, tolong mampukan kami untuk memiliki kepedulian)