Hari Minggu XX Ses. Pentakosta
Renungan Malam, 10 Oktober 2021

♪KJ.169 : 1– Berdoa

1 Korintus 1:18
Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah (ay.18)

Mendengar kata “SALIB”, tentu bukan hal yang asing bagi kita sebagai orang percaya. Bahkan mungkin ada di antara kita yang memakai kalung salib di leher atau memasang tanda salib di dinding rumah. Salib tidak dapat dipisahkan dari simbol agama Kristen. Pertanyaannya adalah apa sebenarnya makna dari salib tersebut dalam keyakinan iman Kristen? Mari kita belajar sejenak dari penjelasan ringkas Rasul Paulus dalam bacaan malam ini.

Ayat 18 adalah kelanjutan dari ungkapan dalam ayat 17 bagian akhir “supaya salib Kristus jangan menjadi sia-sia”. Melalui perkataan ini, Rasul Paulus hendak menekankan bahwa salib Kristus itu sangat berharga serta bernilai dalam rangka menebus dan menyelamatkan manusia. Janganlah salib itu menjadi sia-sia hanya karena pewarta Injil yang memberitakannya mengandalkan hikmat dan perkataan manusia semata.

Paulus dalam firman Tuhan malam ini menekankan bahwa pemberitaan tentang salib bagi mereka yang akan binasa adalah suatu kebodohan, namun menjadi kekuatan Allah bagi mereka yang diselamatkan. Maksudnya, bagi orang yang tidak percaya (Yunani), pemberitaan salib yang berasal dari Allah adalah suatu kebodohan, karena menandakan kelemahan, ketidakberdayaan dan kehinaan. Sebaliknya, bagi orang percaya merupakan kekuatan Allah yang berkuasa untuk menyelamatkan manusia dari hukuman dosa. Sebab, pemberitaan salib menekankan tentang penebusan dosa yang dilakukan Kristus melalui kematian-Nya di atas kayu salib untuk menyelamatkan manusia.

Bagi kita umat-Nya, jangan ragu dan bimbang dengan pemberitaan salib Kristus, meskipun manusia modern yang merasa maju dan berhikmat mengejek, menghina serta menganggapnya bodoh. Sebab kita yakin bahwa justru di dalam berita salib itu nyatalah kekuatan Allah yang membebaskan dan menyelamatkan manusia.

♪KJ.169 : 2

Doa : (Ya Tuhan, mohon mampukan kami memahami kuasa karya penebusan-Mu melalui pemberitaan salib Kristus)