Minggu XXII Ses. Pentakosta
Renungan Pagi, 28 Oktober 2021
Hari Sumpah Pemuda

♪KJ.412 : 1 – Berdoa

Keluaran 16:32 – 36
Ambillah sebuah buli-buli, taruhlah manna di dalamnya segomer penuh … (ay. 33)

Generasi yang akan memasuki tanah perjanjian bukanlah generasi yang keluar dari Mesir. Itu berarti ada generasi baru, yang tidak mengalami perbudakan, tetapi pemeliharaan Allah di padang gurun. Jika perjalanan itu diperhatikan secara demikian oleh TUHAN, maka di tanah perjanjian perhatian Nya kepada generasi baru tidak berubah.

Kepada setiap orangtua agar jangan meragukan masa depan anak anaknya, masa depan generasi muda. Ketika dibaptis dikemukakan bahwa ‘Jangan takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku’ (Yes.43:1). Dengan demikian, generasi muda adalah generasi yang dikenal-Nya. Meragukan generasi muda adalah meragukan TUHAN yang menyertai mereka.

Setiap generasi memang hadir dengan keadaan yang berbeda. Perjuangan para pemuda dan pemudi di tahun 1928 tidaklah mudah. Demikian pun para pemuda dan pemudi tahun 2021, sebab berhadapan dengan pandemi Covid 19 yang mematikan. Kesamaan yang tidak terbantahkan ialah penyertaan TUHAN yang tidak berubah. Inilah yang perlu terus diingatkan kepada setiap generasi dalam mengumandangkan kasih karunia TUHAN, seperti W.R Supratman yang memainkan lagu Indonesia Raya dengan biola dan suara merdu dari Theodora Athia Salim (sumber: Wikipedia.org).

Jangan pernah meragukan generasi muda yang dengan antusias mau belajar dan mengasah talenta untuk terus berkarya sebagai bentuk kesaksian mereka. Kehadiran generasi muda dalam tuntunan Tuhan adalah generasi yang mengakui bahwa mereka hadir dengan semangat kesaksian. Mereka pun kelak akan melahirkan generasi baru dengan keadaan yang baru yang disikapi selaras dengan panggilan dan pengutusan mereka. Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-93. Maju terus bersama Tuhan Yesus, sebab dalam persekutuan dengan-Nya jerih lelah setiap pemuda dan pemudi tidak pernah sia-sia.

♪KJ.412 : 2, 3

Doa : (Ya Tuhan, mohon berkatilah generasi muda gereja)