Renungan Malam
KJ.413 : 1,2 – Berdoa
Ulangan 31:7-8
“Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.” (ay.8).
Bagaimana kabar kita hari ini? Banyak peristiwa dan pengalaman yang menyenangkan? Atau ada peristiwa dan pengalaman yang tidak menyenangkan, bahkan menyedihkan dan membuat kita menderita? Ya, setiap hari kita jalani dengan peristiwa dan pengalaman yang beranekaragam; ada yang sesuai dengan rencana dan harapan kita, ada yang mengejutkan dan menyenangkan kita, dan pasti bisa terjadi yang sebaliknya! Tidak ada manusia yang dapat mengendalikan setiap detik hidupnya, apalagi hidup orang lain.
Musa meneruskan tongkat estafet kepemimpinan atas Israel kepada Yosua, apakah yang Musa berikan kepada Yosua sebagai bekal dan kelengkapan sebagal seorang pemimpin? Musa tidak memberikan kekuatan, kuasa atau kekayaan. Ketergantungan kepada Allah, meyakini akan kasih setia Allah serta mau terus memelihara hubungan dengan Allah dalam ketaatan menjadi warisan berharga yang diberikan Musa bagi Yosua juga bagi Israel.
Dan dalam seluruh perjalanan serta kepemimpinan yang sudah dilalui Musa, Musa dengan tegas mengatakan “Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.” (ay.8).
Hari ini telah kita jalani bersama dengan Allah, kita mau bersyukur atas penyertaan-Nya dan juga kita mau berserah untuk perjalanan kita besok yang akan dianugerahkan Allah bagi kita.
KJ.413: 1, 3
Doa : (Ya Allah terima kasih untuk penyertaan-Mu, teruslah bersama kami)