Renungan Malam 4 Maret 2019

KJ 424:1 – Berdoa

Kejadian 14:21-24
sepotong benang atau tali kasut pun tidak, supaya engkau jangan dapat berkata: Aku telah membuat Abram menjadi kaya. (ay 23b)

Peperangan yang dimenangkan oleh Abram dan orang-orangnya bukanlah perang Abram sendiri. la hanya membantu negeri
yang di dalam nya Lot (keponakannya) terkena imbasnya (lih Kej 14:1-16). Ketika negeri-negeri tetangga Abram berperang, Abram tidak tinggal diam. la bersama orang-orangnya ikut berperang. Orang beriman itu melibatkan diri secara aklii di tengah-tengah masyarakat di mana iat inggal. Ia tidak tinggal diam, tetapi memberi yang terbaik dari dirinya bagi masyarakat. Dengan melibatkan diri untuk menghentikan perang di sekitar negeri tempat tinggalnya. maka Abram mewujudkan panggilan Tuhan kepadanya, yaitu, ia dipanggil untuk diberkati dan untuk menjadi berkat (Kej 12;1-3).

Apakah yang dikatakan oleh raja Sodom kepada Abram setelah dia dan sekutunya menang melawan musuh karena bantuan
Abram? Dia meminta agar Abram mau memberi orang-orangnya (lihat ay. 14) kepada dia dan menawarkan kepada Abram untuk mengambil hana benda yang menjadi hak milik selaku pemenang perang, yaitu hasil jarahan perang yang tentunya harganya sangat mahal. Lalu, apakah jawab Abram? Abram menegaskan dengan sumpah bahwa ia tidak mau mengambil apapun yang menjadi hak milik raja Sodom, dengan alasan bahwa ia tidak mau mendengar kelak bila ia kaya itu karena pemberian raja Sodom.

Ada apakah dibalik alasan Abram menolak pemberian harta milik raja Sodom itu? Paling tidak kita bisa merenungkan bahwa Abram melibatkan dirinya, bukan demi harta, tetapi demi ketaatannya kepada Tuhan yang rnemanggil dia untuk menjadi berkat. Hiduplah dan bertindaklah sesuai panggilan Tuhan untuk menjadi berkat, yaitu berbuat baik kepada siapa pun.

KJ.424 :2
Doa : (Teguhkan kami Ya Tuhan agar kami tetap hidup menjadi berkat bagi sesama)