Renungan Pagi 30 April 2019

KJ 318 : 1 – Berdoa

Imamat 18 : 1 – 20
Sesungguhnya kamu harus berpegang pada ketetapan-Ku dan peraturan-Ku (ay.5)

Kerabat yang dimaksud Nas Alkitab di atas bertalian dengan kerabat biologis dan kerabat oleh perkawinan. Baik kerabat biologis atau satu darah-daging maupun oleh ikatan perkawinan keduanya terhisap dalam satu keluarga besar. Sebagai kerabat dalam satu keluarga besar harus saling mengasihi, menolong dan menghargai serta menghormati satu dengan lainnya. Sehingga patutlah menjaga, merawar keharmonisan dan kebaikan bersama berdasarkan nilai-nilai dan norma perkawinan yang sepatutnya dihargai.
Berdasarkan firman TUHAN kepada Musa aar Musa harus menginginkan umat Israel. Spaya mereka menjaga kekudusan perkawinan yang suci sesuai kehendak TUHAN. Oleh karena umat Israel sendiri adalah umat pilihan yang dikuduskan atau dikhususkan TUHAN berbeda dengan bangsa Mesir dan Kanaan. Sehingga praktek perkawinan orang Mesir dan Kanaan tidak boleh diikuti umat Israel. Umat Israel harus tetap kokoh menjaga dan merawat kekudusan perkawinan mereka dalam hubungan pertalian kekerabatan. Janganlah hawa nafsu seksual menguasai mereka sehingga kerabatnya sendiri dilecehkan.
Kecenderungan dewasa ini dalam menjaga nilai-nilai luhur perkawinan agak memudar. Pelecehan seksual demi pemenuhan hawa nafsu sejak merusak kesucian perkawinan itu sendiri. Bahkan hubungan seksual itu bisa saja terjadi sebelum ataupun di luar perkawinan yang kudus. Sangat memprihatinkan bagi kita semua karena masih banyak terjadi pelecehan seksual dalam lingkup kerabat. Baik kerabat bilologis sedarah-daging maupun kerabat oleh ikatan perkawinan. Perkara ini adalah pergumulan kita bersama selaku umat percaya.

KJ 318 : 2

Doa : Tuhan Yesus gembala baik dan agung tolonglah kami semua menjaga serta merawat kekudusan perkawinan