Renungan Pagi 3 Juni 2019

KJ.409 : 1 – Berdoa

Filipi 2 : 19 – 24
Karena tak ada seorang padaku, yang sehat dan sepikir dengan dia dan yang begitu bersungguh-sungguh memperhatikan kepentingan; (ay.20)

Keberhasilan Presiden Jokowi dalam membangun berbagai wilayah di Indonesia mengupayakan kesejahteraan masyarakat tidak dapat dipisahkan dari dukungan para menterinya. Untuk itu sejak terpilih sebagai presiden pada tahun 2014, is berupaya untuk memilih para menteri yang dapat mendukungnya mewujudkan visi dan misinya membangun Indonesia. Beberapa menteri yang terpilih dari awal pemerintahannya harus diganti karena dinilai kurang bisa mewujudkan apa yang diharapkan oleh Presiden.

Memilih rekan kerja yang tepat dalam mendukung pekerjaan, juga dilakukan oleh Paulus dalam pelayanannya. Dalam mencari rekan pelayanan untuk pelayanan kepada jemaat di Filipi. Paulus mencari orang yang bisa dipercaya melakukan apa yang ingin dia lakukan untuk jemaat-jemaat yang dia layani. Setidaknya ada dua kriteria ketika Paulus mencari rekan pelayanan (ay.20). Kriteria pertama adalah orang yang bisa sehati dan sepikir dengannya dalam melayani. Kriteria kedua adalah orang yang mempunyai perhatian kepada jemaat yang dilayani. Kriteria ini Paulus temukan dalam diri Timotius yang menurut Paulus kesetiaannya sudah teruji (ay.22) dan sangat memperhatikan kepentingan jemaat di Filipi (ay.20). Paulus tidak memilih yang lain karena menurutnya mereka lebih memperhatikan kepentingan mereka sendiri (ay.21).

GPIB, khususnya warga GPIB, jika ingin mengupayakan kesejahteraan umat dan membangun kekuatan bangsa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, maka GPIB harus mencari rekan kerja yang memiliki cita-cita yang sama. Ini dilakukan dengan kesadaran bahwa untuk mengupayakan kesejahteraan umat dan membangun kekuatan bangsa GPIB tidak bisa melakukannya sendiri melainkan harus bekerja sama dengan yang lain. Untuk itu carilah rekan kerja yang dapat dipercaya untuk mewujudkan cita-cita GPIB bagi bangsa dan negara.

KJ. 409 : 2

Doa : (Ya Tuhan, mampukan kami untuk menemukan rekan kerja yang baik dalam membangun bangsa dan negara ini)