Renungan Malam 25 Juni 2019

GB.100 : 1 – Berdoa

Amos 5 : 14 – 17
Bencilah yang jahat dan cintailah yang baik; dan tegakkanlah keadilan (ay.15)

Perintah untuk menegakkan keadilan pada bacaan kita saat ini, karena di masa nabi Amos, umat Israel telah hidup dan kejahatan. Mereka memilih hidup dalam ketidak-benaran dan cenderung mencintai yang jahat. Tidak heran jika hasil panen gagal sehingga para petani berkabung (ay.16), dan bahkan simbol berkat yaitu kebun anggur justru penuh dengan ratapan (ay.17).

Sekali lagi, penyebab utama dari bencana itu adalah umat Israel yang hidup mencintai kejahatan dan membenci kebenaran. Apakah ukurannya? Ukurannya adalah ketika keadilan tidak ditegakkan. Apa sebenarnya yang umat Tuhan ini lakukan sehingga mereka mengalami kemalangan? Perhatikan bacaan tadi pagi. Mereka menindas yang miskin dan lemah dan memutar balikkan kebenaran dan keadilan. Perbuatan ini dimurkai oleh TUHAN.

Sebelum menutup malam ini, Firman Tuhan mengingatkan kita bahwa hal utama yang mesti dilakukan adalah mengejar dan menegakkan keadilan. Sudahkah kita berbuat adil sepanjang pagi hingga malam ini? Adakah yang terlukai ketika perlakuan tidak adil terjadi bagi orang di sekitar kita? Bagaimana dengan anak-anak kita? Sudahkah kita membagi perhatian sama rata dan adil dengan mereka? Bagaimana dengan pasangan kita, suami atau istri kita? Apakah mereka mengecap keadilan Tuhan dalam rumah tangga melalui kita? Jika belum, jika ada yang terlanjur kita lakukan, pulihkanlah hati mereka dan mari berbenah untuk menghadirkan kasih dan sukacita dalam keluarga dengan menegakkan keadilan untuk mereka.

Selanjutnya, sudahkah kebenaran kita lakukan dalam keseharian hidup kita, termasuk hari ini. Benarkah kejahatan adalah yang kita benci selama ini? Menutup hari ini, cobalah introspeksi diri! Diri kita, rumah tangga dan keluarga kita sudahkah memberlakukan kebenaran? Ya.. jangan muluk-muluk melakukan kebenaran dan menegakkan keadilan di negeri ini. Mulailah dalam keluarga, rumah tangga kita. Niscaya berkat menjadi bagian hidup kita.

GB.100 : 2

Doa : (Tuhan, mampukan kami menegakkan keadilan)