Renungan Malam 31 Juli 2019

KJ.341 : 1,2 – Berdoa

2 Korintus 10 : 7 – 11
Bahkan, jikalau aku agak berlebih-lebihan bermegah atas kuasa, yang dikaruniakan Tuhan kepada kami untuk membangun dan bukan untuk meruntuhkan kamu, maka dalam hal itu aku tidak mendapat malu (ay.8)

Setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus adalah milik Kristus. Seluruh hidup dan keberadaannya diurapi dan dilindungi oleh Yesus Kristus. Setiap milik Kristus diberi karunia dan kuasa untuk membangun dan mengembangkan hidup pribadi, keluarga dan jemaat, bahkan masyarakat. Sesama orang percaya tidak boleh saling memegahkan diri atau menghina; tidak menganggap diri lebih berkuasa dari yang lain. Mereka mesti saling menghargai dan menghormati dan bersatu serta menyatukan karunia dan kuasa untuk membangun jemaat. Karunia dan kuasa yang disalahgunakan oleh setiap orang percaya akan menimbulkan kekacauan dan kehancuran dalam jemaat.

Dalam bacaan sore ini, kita masih melihat semangat pembelaan Paulus terhadap para lawannya. Mereka berusaha membandingkan dirinya dengan rasul Paulus. Mereka mengklaim dirinya sebagai milik Kristus. Sedangkan Paulus dan Titus bukan milik Kristus. Alasan mereka, surat Paulus terlalu keras dan tegas; sangat menakutkan. Menurut mereka, jika Paulus adalah milik Kristus, mestinya kata-katanya tidak keras dan menakutkan. Tetapi, itulah Paulus. Bisanya cuma bicara keras di belakang. Kalau di hadapan, lemah dan ucapan tak berarti.
Paulus mempersilakan jemaat untuk melihat dan menilai sendiri dari apa yang telah Paulus lakukan terhadap jemaat. Paulus tidak merasa malu berkata keras dan tegas, karena segala hal yang telah Paulus lakukan dengan kuasa yang Tuhan anugerahkan adalah untuk membangun jemaat; bukan untuk meruntuhkan. Ia juga mengatakan, di hadapan, maupun di belakang, sikap, perkataan dan tindakannya tetap sama.

Marilah kita menggunakan karunia, talenta dan kuasa yang Tuhan berikan bagi kita untuk membangun jemaat. Roh Kudus memberikan karunia yang berbeda-beda agar kita saling menopang dan bekerja sama dalam mewujudkan sejahtera bagi masyarakat, sehingga jemaat pun sejahtera dan kuat.

KJ.341 : 3

Doa : (Tuhan, ingatkan kami andalkan kuasa-Mu untuk membangun jemaat)