Renungan Malam 21 Oktober 2019

KJ.240a : 1 – Berdoa

Ezra 5 : 6 – 17
dan pekerjaan itu dikerjakan dengan seksama dan berjalan lancar di tangan mereka.” (ay.8c)

Salinan surat yang dikirim Tatnai, bupati daerah sebelah barat sungai Efrat (ay.6) mengirim laporan tertulisnya kepada Raja Darius. Isi laporan sangat lengkap dan rinci. Disampaikan dengan bahasa yang baik, jelas dan disajikan dalam bentuk dialogis. Secara ringkas laporan itu berisi :
– Sapaan salam sejahtera kepada raja.
– Pekerjaan pembangunan rumah Allah dengan meterial batu besar dan kayu; dikerjakan dengan seksama dan lancar.
– Dialog antara bupati Tatnai dengan tua-tua Israel. Isinya menceritakan kembali dasar membangun rumah Allah melalui pengalaman sejarah bangsa Israel dari hukuman pembuangan sampai dengan pulangnya bangsa itu ke Yerusalem dan membangun rumah Allah (ay.9-16).
– Menyerahkan kepada raja untuk mengadakan penyelidikan ke gedung perbendaharaan di Babel untuk mengecek kembali dokumen berupa perintah raja Koresh dalam hal membangun kembali rumah Allah yang di Yerusalem. Keputusan diserahkan kepada raja dan memohon untuk dikirim kembali keputusan raja kepada bupati Tatnai dkk.
Dari laporan dan kesaksian Tatnai kepada Raja Darius mengenai orang-orang Yahudi yang sedang membangun itulah, pekerjaan Tuhan dapat dilanjutkan. Allah juga memakai orang luar atau siapa saja, dalam hal ini Bupati Tatnai dan Raja Darius untuk membantu pembangunan. Kisah ini menyemangati kita ketika mengalami masalah dan hamabtan dalam melakukan pekerjaan Tuhan. Jangan jadi kecil hati dan patah semangat, melainkan dekatkanlah hati kita kepada Allah dan firman-Nya. Tuhan sanggup memakai siapapun untuk menggenapi rencana-Nya bagi umat-Nya termasuk pejabat pemerintah yang dipakai Tuhan dalam memperlancar pembangunan rumah Tuhan.

KJ.240a : 2

Doa : (Ya Bapa, ajarkanlah kami mendalami dan sehingga penghayatan yang kami pelajari melalui Kitab Suci sehingga penghayatan yang kami jalani benar-benar seturut dengan kehendak-Mu)