Renungan pagi 19 Desember 2019

GB.291 : 1-Berdoa

Yesaya 13 : 14-16
Bayi-bayi mereka akan diremukkan di depan mata mereka, rumah-rumah mereka akan dirampoki, dan isteri-isteri mereka akan ditiduri (ay.16).

Mlmpi setiap pasangan suami istri ketika memulai kehidupan rumah tangga adalah berbahagia hingga maut memisahkan. Kebahagiaan akan sulit dicapai jika masing-masing orang berjalan dengan tujuan masing-masing dan berdiri pada dasar yang berbeda. Oleh karena itu dalam katekisasi pra perkawinan senantiasa diarahkan pasangan yang akan menikah agar mengarahkan pandangan mereka kepada Kristus dan berdiri pada dasar yang sama yaitu Kristus. Dengan begitu mereka akan terhindar dari kehancuran keluarga.

Keluarga-keluarga orang Babel akan mengalami kehancuran. Hal tersebut nyata ketika anak-anak dan perempuan yang selalu ditempatkan sebagai mahluk Iemah dalam kehidupan masyarakat pun tidak luput dari penghukuman ini. Penghukuman Tuhan atas bangsa Babel sungguh menghancurkan mereka hingga ke ruang privasi keluarga-keluarga mereka. lni berarti hukuman yang tidak memandang bulu. Merata ke semua bentuk kehidupan orang Babel dan bukan saja kehancuran pada kota-kota di Babel. Akibat bangsa Babel tidak mau tunduk kepada Tuhan. Yesaya menyampaikan gambaran keadaan yang begitu kejam dan menakutkan mengenai apa yang akan terjadi di Babel ketika hari Tuhan datang.

Keluarga merupakan tempat dimana kehidupan bersama dibangun. Laki-laki dan perempuan belajar menjadi panner yang balk untuk membangun kehidupan bersama. Laki-laki dan perempuan belajar menjadi ayah dan ibu, orang tua yang balk bagi anak-anak yang lahir dalam keluarga. Anak-anak belajar hidup bersama dengan orang lain dalam saling menyayangi dan menghargai dimulai dalam relasi mereka dengan orang tua. Keluarga merupakan titik tumpu pembinaan bangsa. Keluarga sejahtera maka bangsa juga akan sejahtera. Keluar; a-keluarga Kristen bangunlah hidup keluargamu dalam takut akan Tuhan, laksanakan dengan patuh dan setia perintah-perintah Tuhan maka damai dan sejahtera Tuhan akan hadir dalam keluargamu dan keluargamu menjadi tempat persemaian kasih Allah.

GB.291 : 4

Doa : (Berikanlah roh takut akan Tuhan dalam hati semua anggota keluargaku, ya Tuhan!)