Renungan Malam 12 Januari 2020

KJ.362 : 1 – Berdoa

Matius 3 : 16 – 17
“Lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: “Inilah Anakku yang kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan” (ay.17)

Yesus dibaptis oleh Yohanes saat berusia 30 tahun. Selama 30 tahun, Ia dikenal sebagai “Yesus, anak Yusuf tukang kayu” dan bukan sebagai Anak Allah. Dengan baptisan-Nya, Yesus dilantik untuk memulai pelayanan-Nya di dunia. Pada saat Ia keluar dari air, langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun atas-Nya. Terdengar suara dari sorga yang mengatakan “Inilah Anak yang Ku-kasihi kepada-Nyalah Aku berkenan”. Suara itu adalah suara Allah, yang telah mengutus-Nya ke dunia. Kini Allah menyatakan bahwa Yesus (yang selama ini dikenal sebagai anak si tukang kayu), adalah Anak Allah, bukan manusia berdosa seperti kita, yang datang untuk menebus dosa manusia (bnd. Yoh 1:1-3,14).

Pernakah saudara mendengar suara dari sorga? Ketika Paulus berada dalam perjalanan menuju Damsyik untuk menganiaya pengikut Yesus, ia mendengar suara dari langit (Kisah 9:3-5). Suara itu mencegah Paulus yang berniat membunuh pengikut Yesus, dan dengan suara itu pula Paulus mengalami pertobatan. Secara langsung kita tidak pernah mendengar suara dari sorga. Tetapi kita dapat mendengar suara-Nya pada saat kita membaca Firman, berdoa, beribadah. Bahkan suara hati kita mendengar kesaksian Roh Kudus, bahwa kita adalah anak-anak Allah (Roma 8:16).

Suara dari langit hendak menegaskan kepada dunia, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Juruselamat dunia, dan keselamatan hanya diperoleh di dalam dan melalui Anak Allah yang telah datang kedalam dunia (Kisah 4:12). Semua orang yang mendengar suara-Nya dan bertobat akan diselamatkan. Mereka yang mendengar suara-Nya diberkati, dikuatkan, dihibur, diberi pengharapan, dan dibimbing dalam menjalani hidup. Dengan mendengar suara-Nya kita dimampukan melaksanakan panggilan dan pengutusan dengan setia dan memiliki jaminan masa depan. Karena itu dengarlah suara-Nya selalu, maka kita akan berbahagia.

KJ.362 : 3

Doa : (Ya Yesus, mampukan kami untuk mendengar suara-Mu dan melakukannya dengan setia)