Renungan pagi, 15 Juli 2020

KJ 247: 1 – Berdoa

Daniel 3: 1 – 30
“Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu dan dari dalam tanganmu, ya raja.” (ay 17)

Dalam Alkitab, ada banyak cerita ajaib, luar biasa bahkan di luar akal manusia yang melaluinya Allah menjadi pengalaman iman orang percaya. Salah satunya adalah kisah Daniel dalam perikop bacaan pagi ini. Cerita Daniel ini bukan dongeng, bukan juga khayalan yang direkayasa, melankan kejadian nyata, yang di dalamnya karya tangan Tuhan yang maha ajaib bekerja.
Tiga orang anak Tuhan dimasukkan ke dalam api bahkan ke dalam api yang panasnya dibuat tujuh kali lebih panas dari biasa. Ternyata orang-orang itu tidak mati, jangankan mati, luka pun tidak. Tubuh orang-orang itu tidak mempan oleh api, rambut dikepala tidak hangus, jubah tidak beruah apa-apa bahkan bau kebakaranpun tidak ada pada mereka. Bagaimana hal itu dapat terjadi?
Sadrakh, Mesakh dan Abednego merupakan para saksi yang telah mengalami kuasa Allah yang bekerja atas mereka dengan luar biasa. Mereka mengalami kehadiran dan kuasa Allah untuk menolong mereka. Demikian juga dalam kehidupan kita. Cerita ajaib apa yang pernah kita alami? Kisah ajaib apa yang pernah kita bagikan kepada sesama sehingga nama Tuhan dipermuliakan? Jangan pernah takut terhadap apa yang akan engkau alami. Jangan pernah mundur apalagi behenti untuk menyatakan kebesaran dan kuasaNya. Dia sanggup melakukan kebaikan bagi kita. Tidak ada peristiwa dan pengalaman di luar kehendak Tuhan.. karena itu bersyukurlah, kita punya Allah yang amat sangat baik dan sanggup melakukan kebaikanNya bagi kita. Bila Ia telah melakukan kebaikan itu untuk kita, lalu bagaimana perbuatan kita terhadap orang lain? Lakukan yang terbaik bagi sesama karena Tuhan sudah melakukan yang sangat terbaik bagi kita.

KJ 247: 2, 3

Doa: Ya Tuhan, berikanlah kami kemampuan untuk menyatakan kebaikanMu dalam hidup kami. Amin.